PENGARUH PEMAKAIAN VARIASI PEMBERAT (ROLLER) TERHADAP PERFORMANCE MESIN MOTOR HONDA SCOOPY TAHUN 2011

BAGUS BUDI SETIYAWAN

Abstract


Dunia otomotif yang semakin berkembang menuntut perubahan agar alat transportasi lebih baik, tidak hanya pada mesinnya yang irit bahan bakar melainkan juga pada tingkat kenyamanan dalam berkendara. Salah satunya adalah perubahan pada sistem transmisi. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan performa mesin agar layak digunakan untuk balap. Diantaranya menambah volume ruang bakar, mengganti pemberat (Roller), mengganti v-belt, mengganti pegas pulley sekunder. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar) dengan variasi pemberat pada motor honda scoopy tahun 2011.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen untuk mengetahui pengaruh pemakaian variasi jenis pemberat terhadap performa mesin motor honda scoopy tahun 2011. Penelitian ini memvariasikan berat dari pemberat 11 gram, 12 gram, 13 gram, kombinasi pemberat 11 dan 12 gram, kombinasi pemberat 12 dan 13 gram, 11 dan 13 gram dan dibandingkan dengan pemberat standar. Penelitian ini dilaksanakan di laboratorium performa mesin UNESA. Selanjutnya untuk pengukuran performa mesin berdasarkan SAE J1349.Dari hasil penelitian menunjukkan pada kelompok  variasi pemberat 11 gram bahwa torsi dan daya yang dihasilkan pemberat 11 gram pada rpm rendah-menengah-tinggi lebih tinggi dibanding pemberat 12 gram, 13 gram. Torsi tertinggi yang dihasilkan yaitu pada rpm 3000 dengan nilai 20,09 N.m dengan persentase peningkatan 7,74%, dan untuk daya terbesar pada rpm 4000 dengan nilai 8,36 dengan persentase peningkatan 8,66%. Dan untuk konsumsi bahan bakar pada kelompok pemberat variasi, yang paling rendah adalah pemberat 11 gram. Sedangkan untuk kelompok kombinasi variasi pemberat, kombinasi 11 dan 13 gram menghasilkan daya dan torsi lebih tinggi dibandingkan pemberat 11 dan 12 gram dan 12 dan 13 gram. Torsi tertinggi yang dihasilkan yaitu pada rpm 3000 dengan nilai 20,17 N.m dengan persentase peningkatan 8,15%, dan untuk daya terbesar pada rpm 3500 dengan nilai 8,6 hp dengan persentase peningkatan 7,95% Dan untuk konsumsi bahan bakar pada kelompok kombinasi variasi pemberat, yang paling rendah adalah pemberat 11 dan 13 gram. Dan untuk keseluruhan kelompok pemberat variasi dan kelompok pemberat kombinasi, torsi dan daya yang paling tinggi dihasilkan oleh kombinasi pemberat 11 gram dan 13 gram. Sedangkan untuk konsumsi bahan bakar, pemberat 11 gram yang paling rendah konsumsi bahan bakarnya.


Kata Kunci: Pemberat (roller), performa mesin, sepeda motor.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.