STUDI EKSPERIMEN PENGARUH PENGGUNAAN SIDE SKIRT TERHADAP GAYA AERODINAMIS PADA MODEL MOBIL MENYERUPAI SEDAN

DIDIT CATUR PRASETIO

Abstract


Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang semakin diminati masyarakat di Indonesia. Produsen mobil bersaing untuk menciptakan inovasi baru yang mampu bersaing. Salah satu aspek yang mulai diperhatikan oleh produsen mobil adalah aerodinamis bodi mobil, dengan cara menambahkan bodykit. Salah satu jenis bodykit adalah side skirt. Fungsi side skirt berdasarkan teori bahwa bagian bawah kendaraan akan membentuk ventury nozzle yang menghasilkan daerah tekanan rendah. Dengan daerah bertekanan rendah di bagian bawah mobil, maka kestabilan kendaraan akan mudah tercapai. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Objek penelitian adalah model mobil menyerupai sedan Honda Civic generasi 8. Penambahan variasi ground clearance pada side skirt : 145 mm, 135 mm, 125 mm, dan tanpa side skirt. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh side skirt terhadap kestabilan kendaraan. Dalam penelitian ini yang akan diukur adalah distribusi tekanan (  pada permukaan atas (upper surface), bawah (lower surface) dan samping (side surface), nilai koefisien drag pressure ( ), koefisien lift pressure ( ), serta velocity profile ( ) di belakang dan samping model uji. Alat yang digunakan adalah wind tunnel, thermometer digital, pressure tap, pitot static tube, dan manometer digital. Hasil penelitian menunjukan dengan memvariasikan ground clearance pada side skirt cenderung menurunkan nilai distribusi tekanan ( ) pada bagian bawah model dan meningkatkan nilai distribusi tekanan ( ) pada bagian samping model. Koefisien lift pressure ( ) terbaik adalah pada variasi ground clearance pada side skirt 125 dan Re = 192.000 yakni 0,0411 atau turun -10,46% dari model yang tidak menggunakan side skirt. Sehingga stabilitas kendaraan akan bertambah baik. Pemasangan variasi cenderung menurunkan nilai koefisien drag pressure ( ). Penurunan koefisien drag  pressure ( ) terendah adalah pada variasi ground clearance pada side skirt 125 dan Re = 149.000 yakni  0,1176 atau turun -11,58% dari model yang tidak menggunakan side skirt. Pemasangan variasi berpengaruh pada meningkatnya velocity pofile ( ) di samping kendaraan model dan tidak seberapa  berpengaruh di tengah, dikarenakan side skirt berada disamping. Dengan meningkatnya defisit momentum aliran menyebabkan daerah wake semakin besar yang berpengaruh pada meningkatnya nilai koefisien drag pressure ( ).


Kata Kunci: Side skirt, ground clearance, dan  kestabilan.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.