SIMULASI NUMERIK PENGARUH PENGGUNAAN SIDE SKIRT TERHADAP GAYA AERODINAMIS PADA MOBIL MENYERUPAI SEDAN

Fadhli Ainnur Rohman

Abstract


Desain body kendaraan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi aspek aerodinamika dari kendaraan yang sangat berpengaruh pada kestabilan kendaraan, karena kestabilan merupakan faktor penting untuk menunjang kenyamanan dan keselamatan. Salah satu upaya untuk meningkatkan kestabilan adalah dengan memasang komponen side skirt pada kendaraan. Fungsi side skirt menurut Hucho (1987) berdasarkan teori bahwa bagian bawah kendaraan akan membentuk ventury nozzle yang menghasilkan daerah tekanan rendah. Dengan daerah bertekanan rendah di bagian bawah mobil, maka kestabilan kendaraan akan mudah tercapai. Dalam penelitian ini, digunakan model mobil menyerupai sedan Honda Civic generasi ke-8. Penambahan side skirt ini memvariasikan ground clearance : 145 mm, 135 mm, dan 125mm. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh side skirt terhadap kestabilan kendaraan. Metode penelitian yang digunakan adalah simulasi numerik dengan menggunakan software CFD (Computational Fluid Dynamics) ANSYS FLUENT 14.5. Dalam simulasi ini, digunakan model elemen mesh Tet/Hybrid Tgrid atau segitiga. Digunakan model turbulen k-epsilon realizable dengan variasi Reynolds Number 2,99 x 106; 4,28 x 106; dan 1,02 x 107. Data hasil yang dianalisa adalah Coefficient lift (CL), Coefficient drag (CD), velocity contour, velocity streamline, dan pressure contour. Dari hasil simulasi didapatkan pemasangan side skirt dengan variasi ground clearance dapat menghambat dan menghalangi udara menuju bagian samping kendaraan, sekaligus mengarahkan aliran udara ke arah belakang. Sehingga akan berdampak pada meningkatnya kecepatan aliran udara yang berbanding lurus dengan menurunnya tekanan udara pada bagian bawah kendaraan, sehingga menurunkan nilai Coefficient lift (CL). Dengan mempertimbangkan stabilitas kendaraan, pemasangan side skirt variasi ground clearance 125 mm dipilih sebagai variasi terbaik, karena mampu menurunkan nilai Coefficient lift (CL) paling besar yakni (-0,072) atau turun (-153%) dari model standar.


 


Kata kunci: Simulasi Numerik, Side Skirt, Ground Clearance, Karakteristik Aerodinamika.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.