ANALISIS LAJU KOROSI PADA CASING POMPA (AIR TAMBAK, AIR PDAM, DAN AIR SUMUR)

DANU ARIF RAHMANTO

Abstract


Korosi merupakan peristiwa yang diakibatkan oleh proses mekanik melalui pergerakan relatif antara aliran gas atau cairan korosif dengan logam.Korosi bisa jugadisebabkan karena impingment corrosion yaitu karena fluida yang sangat deras dan dapat mengikis pada baja yang mengakibatkan korosi.Objekdigunakan pada penelitian ini adalah baja ST 40. Baja ST 40 merupakan baja karbonsedang dengan kandungan unsur karbon 1,2%. Baja karbon sedang biasanya digunakan untuk pembuatan casing seperti casing pada pompa. Pada penelitian ini baja ST 40 yang didapatkan berukuran 3 m, kemudian dipotong dengan ukuran 20 mm sebanyak 27 biji dengan perincian dimensi panjang 20 mm, lebar 10 mm dantebal 4 mm lalu dicelupkan dalam wadah timba yang berisikan air PDAM, air tambakdan air sumur selama 1, 2, 3 minggu secara bergantian serta variasi suhu 40oC, 50oC, dan 60oC. Setelah melakukan perendaman selama 1, 2, 3 minggu benda kerja diangkat lalu dibersihkan dan ditimbang kembali. Kemudian hasil timbang dicatat sebagai hasil penelitian. Dan selanjutnya dilakukan hal yang sama. Data yang diperoleh dari eksperimen dimasukan kedalam tabel, dan ditampilkan dalam bentuk grafik yang kemudian akan dianalisis dan ditarik kesimpulan. Sehinggadapat diketahui persentase perubahan berat awal serta dapat diketahui tingkat korosi pada baja ST 40. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa temperature dan waktu aging paling menyebabkan korosi adalah 3 minggu dengan suhu 60oC, pada air PDAM 246,79 mpy, air sumur 283,18 mpy dan air tambak 466,37 mpy. Dan pengaruh konsentrasi media air yang digunakan terhadap laju korosi paling tinggi adalah air tambak yaitu  466,37 mpy.


Kata Kunci: Laju Korosi, Baja ST 40, Casing Pompa.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.