PENGARUH PENGGANTIAN KOIL SEPEDA MOTOR DENGAN KOIL MOBIL TIPE KERING MERK DIAMOND DENGAN BUSI IRIDUM TERHADAP PERFORMA MESIN SEPEDA MOTOR YAMAHA MIO TAHUN 2011

MUKHAMMAD HISYAM MAULANA

Abstract


Abstrak


Motor bakar sendiri merupakan alat yang merubah energi kimia menjadi energi panas (kalor) dengan proses pembakaran. Secara umum motor bakar memiliki dua tipe penggerak yaitu penggerak manual dan penggerak otomatis (matic). Saat ini banyak peminat kendaraan matic, hal ini dikarenakan oleh kemudahan dalam penggunaanya, tetapi motor jenis ini dinilai kurang bertenaga sehingga perlu dilakukan modifikasi di beberapa komponen sistem pengapian, hal ini bertujuan untuk mengetahui performa mesin yang nantinya dapat digunakan sehari-hari oleh masyarakat dalam berkendara maupun dalam kompetisi balap.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh performa mesin (torsi, daya, dan konsumsi bahan bakar) dengan penggunaan koil mobil tipe kering merk Diamond dan busi iridium pada sepeda motor Yamaha Mio tahun 2011.Dalam penelitian ini divariasikan menjadi 3 kelompok untuk di bandingkan dengan standarnya yaitu : 1) Penggunaan koil standar dan busi iridium, 2) Penggunaan koil kering Diamond dengan busi standar, 3) Penggunaan koil kering Diamond dan busi iridium. Penelitian dalam skripsi ini dilakukan di Lab. Performa Mesin. Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Surabaya. Metode yang digunakan adalah penelitian eksperimen serta pengujian dilakukan pada rpm berubah dan beban penuh (full open throttle valve).Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa torsi, dan daya yang dihasilkan oleh variasi kelompok 3 penggunaan koil kering Diamond dan busi iridium pada putaran rpm rendah-menengah-tinggi lebih tinggi dibanding dengan kelompok variasi 1 (penggunaan koil standar dan busi iridium), dan kelompok variasi 2 (penggunaan koil kering Diamond dengan busi standar), serta standarnya. Konsumsi bahan bakar pada semua variasi rata-rata mengalami peningkatan, tetapi konsumsi bahan bakar mengalami penurunan hanya pada kelompok variasi 3 (Penggunaan koil kering Diamond dan busi iridium) pada putaran rpm 3000, 3500, 4000, dan pada kelompok variasi 2 (penggunaan koil kering Diamond dengan busi standar) konsumsi bahan bakar mengalami penurunan di rpm 3000 dan 3500. Kemudian untuk suhu panas gas buang kelompok variasi 1 dan kelompok variasi 3 mengalami penurunan dari standarnya dan dari kelompok variasi 2.


Kata Kunci: Busi Iridium, Koil tipe kering merk Diamond, Performa mesin Yamaha Mio tahun 2011.


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.