UJI EKSPERIMENTAL PENGARUH PERBEDAAN SUDUT KEMIRINGAN BILAH PADA TURBIN ANGIN SUMBU VERTIKAL JENIS HELIKAL TERHADAP KINERJA TURBIN ANGIN

ABDULLOH GHOZIAN Z

Abstract


Saat ini energi didunia sangat tergantung pada bahan bakar fosil seperti halnya minyak, batu bara serta gas alam yang tidak dapat diperbarui. Hal ini diperparah dengan hampir semua industri di dunia menggunakan mesin dan alat transportasi yang berbahan bakar minyak bumi sebagai sumber energi penggerak. Dikarenakan menyebabkan terbatasnya penyediaan bahan bakar fosil, maka diperlukan pengembangan sumber energi alternatif sebagai energi baru yang sifatnya terbabarukan seperti energi tenaga angin, mikrohidro, biomassa, serta energy surya, dimana energi angin merupakan sumber energi penting sejak waktu lama di beberapa negara.


Dari uraian tersebut untuk mengembangkan model turbin angin vertical axis yang mampu mengoptimalkan potensi pembangkitan listrik pada kecepatan yang cukup tinggi, maka peneliti mencoba mengembangkan model turbin angin jenis helical dengan kemiringan derajat blade yang terbaik. Dengan menggunakan metode pernelitian eksperimental (experimental research). Adapun kegiatan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi perancangan perbedaan derajat kemiringan bilah terhadap diameter turbin angin jenis Helical terhadap kinerja turbin angin tersebut. Data diambil dengan mengukur daya dan efisiensi turbin pada setiap varisai kemiringan bilah pada bagian beban dan kecepatan angin, dengan menggunakan variable kemiringan turbin yaitu 600, 450 dan 300.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa daya maksimal yang dapat dihasilkan oleh turbin jenis ini 3,007 Watt serta mendapatkan hasil efisiensi sebesar 9,15 % pada variasi sudut kemiringan bilah 600 kecepatan angin 7 m/s, sedangkan pada sudut kemiringan 300 menunjukkan hasil yang paling rendah, yaitu menghasilkan daya turbin sebesar 1,7168 Watt dan efisiensi sebesar 5,22%..


Kata Kunci: Turbin angin Helical, Turbin angin vertikal, NACA


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.