MENENTUKAN JADWAL PENGGANTIAN KOMPONEN DUMPING GRATE DENGAN MENGGUNAKAN METODE AGE REPLACEMENT UNTUK PENGOPTIMALAN BIAYA DOWN TIME DI PG WATOETOELIS, ( SIDOARJO )

CAHYADIN

Abstract


Abstrak


Metodel dalam penelitian ini menggunakan observasi/pengambilan data biaya,perawatan dan penggantian komponen untuk mengetahui biaya down time pada mesin ketel uap/dumping grate. Pada metode age replacement, tindakan penggantian dilakukan pada saat pengoperasian sudah mencapai umur yang ditetapkan, yaitu sebesar tp. Jika pada selang waktu tp tidak terdapat kerusakan, maka akan tetap dilakukan penggantian sebagai tindakan pencegahan. Jika sistem mengalami kerusakan pada selang waktu (tp), maka dilakukan tindakan penggantian perbaikan dan penggantian berikutnya akan dilakukan berdasarkan perhitungan tp, terhitung mulai dari waktu penggantian perbaikan tersebut.


Hasil penelitian Dari hasil Berdasarkan perhitungan yang dilakukan penjadwalan untuk penggantian komponen dumping grade dapat dilihat pada tabel Jadwal penggantian komponen sesuai minimasi downtime. Total biaya penggantian komponen dumping grate selama tahun 2015 diketahui dilakukan sebanyak 11 kali dengan total biaya penggantian adalah sebesar Rp 603.015.300,80. Sedangkan pada penggantian komponen dumping grate pada tahun selanjutnya dilakukan penjadwalan sesuai hasil perhitungan metode age replacement pada interval 480 jam dengan total 9 kali penggantian sepanjang musim giling selanjutnya dengan total biaya sebesar Rp  378.246.204,-.Selisih antara total biaya penggantian komponen dumping grate sebelum penadwalan dengan total biaya penggantian komponen dumping grate setelah penjadwalan adalah sebesar Rp 224.769.096,8 atau sama dengan


Kata kunci ; Jadwal Penggantian ,Metode age replacement,down time


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.