STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH VARIASI JUMLAH SUDU BERPENAMPANG L TERHADAP DAYA DAN EFISSIENSI TURBIN CROSSFLOW POROS HORIZONTAL

DIAN SUTRIMO, PRIYO HERU ADIWIBOWO

Abstract


Kebutuhan akan energi setiap tahunnya akan semakin meningkat seiring dengan perkembangan zaman dan majunya teknologi informasi, ditambah lagi pertumbuhan ekonomi dan jumlah penduduk yang sangat berpengaruh terhadap sikap manusia dan pola konsumsi terhadap energi. Untuk memenuhi kebutuhan energi dan mengantisipasi krisis energi dapat memanfaatkan sumber daya alam yang dapat digunakan secara terus menerus seperti air. Turbin air alat yang dapat mengkonversi energi yang dimiliki air dan mengubahnya menjadi energi gerak sehingga menghasilkan listrik, namun daya yang dihasilkan turbin air crossflow cenderung rendah sehingga perlu adanya pengembangan pada turbin air crossflow dengan menggunakan variasi sudu L.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dalam penelitian ini peneliti membuat 3 buah turbin crossflow dengan jumlah sudu 6, 8, dan 10 dan variasi kapasitas air sebesar 17,084 L/s, 13,408 L/s, 11,775 L/s, 9,560 L/s, dan 7,598 L/s. Variasi pembebanan sebesar 500 gram, 1000 gram, 1500 gram dan seterusnya dengan peningkatan pembebanan 500 gram hingga putaran turbin berhenti. Hasil dari penelitian didapatkan turbin dengan jumlah sudu 6 memiliki daya dan efisiensi yang paling optimal daripada turbin dengan jumlah sudu 8 dan 10. Daya tertinggi dimiliki oleh turbin dengan jumlah sudu 6 yang terjadi pada kapasitas aliran 13,408 L/s dengan pembebanan 6000 gram, memiliki daya sebesar 3,683 Watt. Efisiensi tertinggi juga dihasilkan oleh jumlah sudu 6 pada kapasitas 11,775 L/s dengan pembebanan 5500 gram dengan nilai efisiensi sebesar 57,98%. Hal ini dikarenakan pada jumlah sudu 6 turbin mampu memanfaatkan aliran air dengan baik dan jarak antar sudu lebih jauh maka luasan aliran air yang masuk untuk mendorong sudu semakin besar sehingga mampu menghasilkan rpm tinggi serta torsi yang lebih besar, selain itu massa turbin juga memiliki pengaruh karena semakin banyak jumlah sudu maka semakin memperberat massa turbin itu sendiri sehingga kerja dari turbin menjadi lebih berat dan membutuhkan daya yang besar untuk mulai menggerakkan turbin.

Kata kunci : Crossflow, Daya, Efisiensi, Sudu L, Turbin


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.