PENGARUH PENGGUNAAN BEBAN TERHADAP PERFORMA PEMBANGKIT LISTRIK HYBRID BERBASIS SOLAR CELL DAN FUEL CELL.

AFRIZAL ADI ARIYANTO, ARIS ANSORI

Abstract


Kebutuhan energi masyarakat Indonesia terus meningkat seiring dengan pertumbuhan penduduk. Hal ini berbanding terbalik dengan pola konsumsi energi dan energi fosil yang terus berkurang. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah energi tersebut adalah dengan menggunakan fuel cell dan solar cell. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui desain pembangkit listrik tenaga hybrid, mengetahui karakteristik daya fuel cell dan solar cell, dan mengetahui performa beban yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga dari pembangkit listrik tenaga hybrid.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimental (experimental research) dimana fuel cell dan solar cell akan digabung menjadi sistem hybrid on-grid untuk mengatasi masing-masing kekurangan dari fuel cell dan solar cell dengan variasi beban 25 W, 50 W, 75 W, dan 100 W. Solar cell akan dipasang dengan light dependent resistor (LDR) agar bisa mendapatkan intensitas energi surya yang tinggi. Teknik Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yaitu menggambarkan hasil penelitian dalam bentuk tabel dan grafik.

Hasil dari penelitian ini adalah performa pengaruh penggunaan beban terhadap pembangkit listrik hybrid solar cell dan fuell cell mengalami kenaikan dari beban 25, 50, 75, 100, 125, dan 150. Efesiensi tertinggi dihasilkan pada beban 150 W dengan nilai performa 55,28%, sedangkan terendah pada beban 25 W dengan nilai performa 42,34%. rata rata daya yang dihasilkan oleh sistem pembangkit listrik Hybrid Solar Cell 100 Wp dan Fuel Cell FCSU-012 sebesar 603,10 Watt sedangkan yang dibutuhkan untuk beban dalam skala rumah tangga sehari- hari sebesar 10.372 Watt. Maka sistem pembangkit listrik hybrid dalam sehari mampu mensuplai sebesar 5,81 %, untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga maka dibutuhkan solar cell sejumlah 17 solar cell dengan kapasitas 100 Wp agar mampu menyuplai kebutuhan beban dalam rumah tangga dalam sehari.


Kata Kunci: Fuel cell, solar cell, hybrid, light dependent resistor


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.