PENGARUH PENERAPAN SISTEM MANAJEMEN K3 OHSAS 18001 - 2007 TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN DIVISI PRODUKSI PERALATAN INDUSTRI AGRO DI PT BARATA INDONESIA

YUYUN KURNIAWATI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja OHSAS terhadap produktivitas kerja karyawan. Salah satu hal yang dapat ditempuh perusahaan agar mampu meningkatkan produktivitas kerja adalah dengan cara menerapkan suatu sistem pengelolaan yang aman bagi pekerja dengan cara menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja yang sejalan dengan visi dan misi perusahaan yakni misalnya sistem manajemen K3 OHSAS.


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang mana peneliti menggunakan metode observasi dan metode angket dengan perhitungan skala likert yang akan menghasilkan angka-angka, dan di deskriptifkan dalam bentuk paragraf, serta teori product moment sebagai pembuktian r tabel.


Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa program keselamatan dan kesehatan kerja di PT. Barata Indonesia telah berjalan dengan sangat baik dengan indeks rata-rata sebesar 94,90% (atau dibulatkan menjadi 95%). Dari tabulasi data yang telah diperoleh terdapat hubungan antara program keselamatan dan kesehatan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan divisi produksi peralatan  industri agro PT. Barata Indonesia dengan relevansi    mendapatkan nilai interpretasi sangat tinggi.


Kata kunci : Sistem Manajemen, OHSAS 18001-2007 dan produktivitas kerja


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.