PENGARUH PEMAKAIAN VARIASI PEGAS SLIDING SHEAVE TERHADAP PERFORMANCE MOTOR HONDA BEAT 2011

GILANG APRILIYAN D

Abstract


Seiring munculnya kendaraan yang menggunakan sistem transmisi CVT (Continously Variable Transmission) atau lebih dikenal dengan motor matic. Pada motor matic terdapat driven pulley yang besar kecilnya gaya tekan sliding sheave terhadap pegas berbanding lurus dengan konstanta pegas, semakin besar nilai konstanta pegas maka semakin besar gaya tekan sliding sheave terhadap pegas pada driven pulley sehingga pergerakan puli menjadi kecil. Konstanta pegas sangat berpengaruh terhadap perubahan rasio transmisi dari perbandingan diameter puli primer dan puli sekunder. Penelitian ini bertujuan memvariasi pegas sliding sheave untuk mengetahui performance pada mesin sepeda motor 4 langkah. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, obyek penelitian adalah sepeda motor honda Beat 2011 dan bahan bakar premium. Dengan menggunakan putaran mesin 3000 rpm - 8000 rpm dengan range 500 rpm. Penelitian ini menggunakan metode pengujian rpm berubah pada beban penuh (Full Open Throttle Valve ). Dengan memvarisi pegas sliding sheave (3,97 N/m), (3,78 N/m), dan (3,57 N/m). Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan data numeric yang diperoleh, kemudian dijelaskan dalam bentuk kalimat sederhana yang mudah dipahami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian menggunakan pegas sliding sheave variasi 1 (3,78 N/m), standar (3,97 N/m), dan variasi 2 (3,57 N/m) mempengaruhi performance mesin. Torsi maksimum yang dihasilkan masing-masing sebesar 12,36 kgf.m pada 2000 rpm, 11,52 kgf.m, dan 12,32 kgf.m, pada 2500 rpm. Daya maksimum yang dihasilkan masing-masing sebesar 8,79 PS pada 4500 rpm, 8,92 PS pada 4000 rpm, dan 8,75 PS pada 5000 rpm. Konsumsi bahan bakar spesifik terendah yang dihasilkan masing-masing sebesar 0,04 kg/PS jam, 0,04 kg/PS jam, dan 0,04 kg/PS jam 3500 rpm. Tekanan efektif rata-rata yang dihasilkan masing-masing sebesar 6,51 kg/cm2 pada putaran 2000 rpm, 6,37 kg/cm2, dan 6,59 kg/cm2 pada 2500 rpm. Efisiensi thermal tertinggi yang dihasilkan masing-masing sebesar 1,98 %, 2,03 %, dan 2,03 % pada 2500 rpm. Dalam penelitian ini pegas yang terbaik adalah pegas sliding sheave variasi 1 (3,87 N/m).


Kata kunci: CVT, pegas sliding sheave dan performance.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.