PERBANDINGAN PENGARUH DUA METODE PEMBERSIHAN INJEKTOR TERHADAP PERFORMA MESIN DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR YAMAHA V-IXION

NUR FADIAH

Abstract


Untuk menjaga performa mesin berteknologi EFI dibutuhkan perawatan rutin pada komponen sistem bahan bakar, khususnya injektor. Seiring dengan meningkatnya pengguna kendaraan berteknologi EFI, maka semakin banyak pula jenis produk dan metode untuk membersihkan injektor yang ditawarkan di pasaran. Dua metode pembersihan injektor yang cukup populer antara lain pembersihan injektor menggunakan metode aerosol dan menggunakan gelombang ultrasonik. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan pengaruh dua metode perbersihan injektor terhadap performa mesin dan emisi gas buang sepeda motor Yamaha V-ixion.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen murni. Penelitian dilakukan dengan variasi empat pengujian, yaitu pengujian standar sepeda motor A, pengujian menggunakan enviropurge kit pada sepeda motor A, pengujian standar sepeda motor B, dan pengujian menggunakan gelombang ultrasonik pada sepeda motor B. Standar pengujian performa mesin yang digunakan adalah SAE J1349 sedangkan untuk pengujian emisi gas buang menggunakan standar SNI 19-7118.3-2005.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembersihan injektor menggunakan metode aerosol dan menggunakan gelombang ultrasonik berpengaruh terhadap performa mesin dan emisi gas buang yang dihasilkan sepeda motor Yamaha V-ixion tahun 2008. Terbukti dengan adanya peningkatan torsi yang dihasilkan sepeda motor A dan B rata-rata sebesar 12,5% dan 7,58%, peningkatan daya rata-rata sebesar 13,22% dan 8,62%, serta peningkatan tekanan efektif rata-rata sebesar 13,28% dan 8,63%. Terbukti pula dengan penurunan konsentrasi emisi CO rata-rata sebesar 31,89% dan 40,09%, penurunan emisi HC sebesar 19,47% dan 50,62% serta peningkatan konsentrasi CO2 sebesar 31,89% dan 40,09%.


Kata kunci: Injektor, performa mesin, emisi gas buang, metode aerosol, dan gelombang ultrasonik


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.