KARAKTERISTIK TURBIN ANGIN VERTICAL AXIS PROFIL NACA 0018 EMPAT BLADE DENGAN BANTUAN GUIDE VANE

MOH. FAUZY KURNIAWAN

Abstract


Pertambahan penduduk, pertumbuhan ekonomi dan pola konsumsi di Indonesia khususnya dan didunia pada umumnya meningkat pesat, sejalan dengan itu kebutuhan energi terus meningkat, sedangkan ketersediaanya semakin menipis, sehingga diperlukan energi alternatif untuk memenuhinya. Salah satu cara mendapatkan energi tersebut dengan memanfaatkan tenaga angin, yaitu turbin angin. Penelitian ini bertujuan mendapatkan besar daya dan efisiensi dari turbin angin vertical axis profil NACA 0018 dengan jumlah empat blade dengan bantuan Guide Vane.


Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen menggunakan variabel terikat daya dan efisiensi, variabel bebas adalah jumlah blade, kecepatan angin, sudut pitch dan variasi beban. Penelitian menggunakan kipas angin yang diarahkan ke turbin angin vertical axis ini, kemudian diberi beban 300, 400 dan 500 gram. Beban tersebut akan terangkat dan menempuh jarak 10 cm, pada saat itu kita ukur berapa lama beban ini terangkat. Maka dapat dihitung berapa besar daya dan efisiensi yang dihasilkan turbin angin ini. Penelitian ini membandingkan antara turbin dengan dan tanpa bantuan Guide Vane.


Dari penelitian ini, bahwa turbin angin vertical axis profil NACA 0018  menghasilkan daya maksimal sebesar 13,3 x 10-2 watt pada beban yang terangkat 500 gram dengan sudut pitch 15o pada kecepatan 4 m/s tanpa bantuan Guide Vane, dan daya maksimal sebesar 21,9 x 10-2 watt pada beban yang terangkat 500 gram dengan sudut pitch 30o pada kecepatan 4 m/s dengan bantuan Guide Vane. Sedangkan efisiensi maksimal yang dihasilkan adalah 5,6 % dengan bantuan  Guide Vane. Pada kecepatan 5 m/s menghasilkan daya maksimal 29 x 10-2 Watt pada beban yang terangkat 500 gram dengan sudut pitch 30o dengan bantuan Guide Vane. Dan daya maksimal 16,6 x10-2 watt pada sudut Pitch 15o beban 500 gram, Sedangkan efisiensi maksimal yang dihasilkan dengan Guide Vane adalah 4 %. Dari penelitian di atas bahwa Sudut Pitch, Kecepatan Angin, Beban, dan Pemakaian Guide Vane sangat berpengaruh terhadap daya dan efisiensi yang dihasilkan turbin angin.


Kata kunci: Empat Blade,  NACA 0018, Sudut Pitch, Guide Vane.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.