KARAKTERISTIK TURBIN ANGIN VERTICAL AXIS PROFIL DENGAN LIMA BLADE PROFIL NACA 0018

FAJRUR RAHMAN HAKIM

Abstract


Salah satu energi dapat diperbarui adalah angin, dan Indonesia memiliki potensi energi angin yang melimpah. Pada dasarnya angin terjadi karena ada perbedaan suhu antara udara panas dan udara dingin, dengan demikian terjadi perputaran udara berupa perpindahan udara dari kutub utara ke garis katulistiwa menyusuri permukaan bumi dan sebaliknya suatu perpindahan udara dari garis katulistiwa kembali ke kutub utara, melalui lapisan udara yang lebih tinggi. Angin di kawasan wilayah Indonesia mempunyai kecepatan dan arah yang selalu  berubah-ubah.  Menurut  Karwono  (2008),  pada  turbin  angin  poros  horisontal pemanfaatannya  harus  diarahkan  sesuai  dengan  arah  angin  yang  paling  tinggi kecepatannya. Teknologi yang menggunakan energi angin adalah kincir angin, teknologi tersebut secara umum dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu : kincir angin horizontal axis (propeller) dan kincir angin vertical axis (savonius, darrieus, dan tipe-H). Konstruksi  turbin  angin  Vertical  Axis   yang  dapat memanfaatkan  potensi  angin  dari  segala  arah,  konstruksi  sederhana,  dan  tidak memerlukan  tempat  pemasangan  yang  begitu  luas  serta  menghasilkan  momen  yang besar  merupakan  suatu  pertimbangan  penulis  dalam  memilih  jenis  turbin  angin  ini. Hal  inilah  yang  membuat  penulis  ingin  melakukan  analisis pada  turbin  angin  yang dapat  digunakan  pada  kondisi  tersebut,  yaitu  dengan  mengembangkan  turbin  angin Vertical Axis.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Penelitian dilakukan dengan empat macam variabel penelitian, yaitu kecepatan angin 4 m/s, 5 m/s, 6 m/s, sudut picth 5o, 10o, 15o, beban 300 gr, 400 gr, 500 gr, dan panjang lengan 175 mm dan 200 mm. Data yang diperoleh dari hasil eksperimen dimasukkan ke dalam tabel dan ditampilkan dalam bentuk grafik yang kemudian akan dianalisa dan ditarik kesimpulannya, sehingga dapat diketahui karakteristik daya (P) dan Koefisien daya (Cp) turbin angin vertical axis ini.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Daya maksimal yang dihasilkan turbin angin vertical axis dengan jumlah lima blade adalah 0,348 Watt pada beban 500 gram, kecepatan angin 6 m/s, panjang lengan 400 mm, dengan sudut pitch 10o. Efisiensi maksimal yang dihasilkan dari turbin angin vertical axis dengan jumlah lima blade ini adalah 5,35 %, yaitu pada beban 500 gram, kecepatan angin 4 m/s, panjang lengan 350 mm, dengan sudut pitch 15o.


Kata kunci: Vertical Axis, turbin angin, dan NACA.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.