ANALISIS PERBEDAAN PRODUKTIVITAS ANTARA TENAGA KERJA LULUSAN SMA DAN SMK DI HOME INDUSTRI JASA MANDIRI

HARY PRASETYONO

Abstract


Era globalisasi memberikan dampak perkembangan yang signifikan di segala bidang serta menyebabkan persaingan yang semakin ketat di industri. Usaha yang dapat bertahan adalah usaha yang mampu mengantisipasi keinginan dan kebutuhan pasar. Oleh karena itu diperlukan tenaga kerja yang memiliki tingkat produktivitas tinggi agar produksi dapat tercapai sesuai target. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah perbedaan produktivitas antara tenaga kerja lulusan SMA dan SMK di Home Industri Jasa Mandiri? Dan (2) Apakah tenaga kerja di Home Industri Jasa Mandiri juga didominasi oleh tenaga kerja lulusan SMA? Mengapa demikian?. Penelitian ini bertujuan : (1) mengetahui ada tidaknya perbedaan produktivitas antara tenaga kerja lulusan SMA dan SMK di Home Industri Jasa Mandiri. Dan (2) Mengetahui apakah tenaga kerja di Home Industri Jasa Mandiri juga didominasi oleh tenaga kerja lulusan SMA.


Populasi penelitian ini adalah tenaga kerja bagian produksi di home industri Jasa Mandiri dengan jumlah 51 pekerja. Variabel terikatnya adalah produktivitas tenaga kerja, variabel bebasnya adalah lulusan SMA dan SMK. Metode pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Adapun alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji kecukupan data, dan uji anova.


Dari analisis statistik menunjukkan nilai P = 0.597. karena P-value > α 0.05 yang berarti tidak ada perbedaan produktivitas antara tenaga kerja lulusan SMA dan SMK di Home Indutri Jasa Mandiri. Berdasarkan data yang ada di Home Industri Jasa Mandiri. Dari 51 pekerja, lulusan SMA 45%, lulusan SMK 37%, dan sisanya adalah pekerja dengan lulusan SMP 18%. Hal ini menandakan bahwa dalam Home Industri Jasa Mandiri lulusan SMA tidak mendominasi.


Kata Kunci: jenis pendidikan, produktivitas tenaga kerja.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.