KARAKTERISTIK TURBIN ANGIN SAVONIUS 2 DAN 3 BLADE DENGAN MENGGUNAKAN BANTUAN GUIDE VANE

ROBBY ILHAM FITRANDA

Abstract


Di negara Indonesia ini sumber energi yang semakin menipis ketersediannya adalah energi bahan bakar fosil, sedangkan energi alternatif di negara ini masih kurang dimanfaatkan dengan optimal. Dengan kecepatan angin di negara Indonesia rata-rata berkisar antara 3-6 m/s peneliti bermaksud untuk mengembangkan energi angin tersebut dengan pembuatan turbin angin savonius 2dan 3 blade tipe-S yang tujuannya untuk mengoptimalkan kecepatan angin tersebut dengan cara menggunakan bantuan guide vane dengan beberapa variasi sudut pengarah dan jumlah sirip guide vane. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi jumlah dan sudut guide vane terhadap daya dan efisiensi optimal yang di hasilkan.


Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Dengan langkah awal membuat turbin angin savonius skala model dengan spesifikasi blade 2 buah dan 3 buah, tinggi 300 mm, panjang 300 mm, dan diameter 17,5 mm, kecepatan angin rata-rata 3,5 dan 4,2 m/s, denganvariasi beban 600 gr, 700 gr, 800 gr, dengan variasi sudut 0º, 15º, 30º , 45dan cara pengambilan datanya dengan caramelakukan pengukuran tinggi pengangkatan tali terhadap variasi beban tersebut dengan tinggi 10 cm dari titk 10 cm dari permukaan tanah yang rata.


Dari penelitian ini menunjukkan, bahwa turbin angin savonius 2 blade menghasilkan daya maksimal sebesar 9,94x10-1 watt pada pengangkatan beban 800 gram dengan menggunakan sudut guide vane 15º pada kecepatan angin 4,2 m/s. Sedangkan koefisien maksimal yang dihasilkan turbin angin dengan menggunakan sudut 15º mencapai 30 % lebih meningkat dari pada penggunaan guide vane dengan jumlah 3 blade sudut 15º. Dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan guide vane variasi sudut 15° sangat berpengaruh terhadap daya dan koefisien daya yang dihasilkan sehingga blade dapat berputar lebih optimum.


Kata kunci : Savonius, Blade, Guide Vane


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.