PENINGKATAN COP (COEFFICIENT OF PERFORMANCE) SISTEM AC MOBIL DENGAN MENGGUNAKAN AIR KONDENSASI

LUCKI SETYAWAN C

Abstract


Coefficient Of Performance (COP) merupakan salah satu indikator pada suatu sistem refrigerasi yang sangat menentukan kerja dari sistem itu sendiri. Dengan melihat nilai dari COP pada satu sistem refrigerasi kita dapat mengetahui kerja dari sistem tersebut, apakah sistem bekerja sebagaimana mestinya atau tidak. Karena kerja kompresor dalam sistem refrigerasi sangat tergantung dari nilai COP tersebut, sedang kompresor dalam sistem refrigerasi merupakan jantung dari sistem tersebut, jika nilai COP dari suatu sistem refrigerasi sangat tinggi maka sistem tersebut tidak bekerja dengan baik atau tidak sesuai dengan kerja ideal, namun apa bila nilai COP yang kecil berarti kompresor bekerja pada kondisi yang ideal.


Peningkatan COP dengan menggunakan air kondensasi ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan dengan lima tahap proses. Langkah pertama, yaitu memasang termocouple pada pipa saluran keluar kondensor yang menuju katup ekspansi, pipa saluran keluar evaporator yang menuju kompresor, dan pipa saluran yang keluar kompresor menuju ke kondensor. Langkah kedua pengambilan data pada saat mobil dinyalakan, AC mobil juga dinyalakan dan mobil diam di dalam ruangan. Langkah ketiga pengambilan data pada saat mobil dinyalakan, mobil diam di dalam ruangan namun AC mobil tidak dinyalakan. Hal ini dilakukan untuk mendapat perbedaan hasil yang diperoleh dengan dan tanpa injektor plastik. Terakhir membandingkan hasil pengamatan nilai COP sistem AC dengan menyemprotkan air kondensasi ke kondensor dengan sistem AC tanpa menyemprotkan air kondensasi ke kondensor.


Setelah melakukan penelitian ini,penulis dapat memberikan informasi tentang desain alat alternatif injektor plastik untuk membantu mendinginkan temperatur refrigerant pada kondensor. Dan peningkatan nilai COP refrigerant jenis R-134a setelah menggunakan air kondensasi yang disemprotkan oleh alat injektor plastik pada kondensor mengalami peningkatan sebesar 2,118 dari yang sebelumnya nilai COP tanpa dipengaruhi oleh alat injektor plastik pada kondensor sebesar 1,714.


Kata kunci:  Coefficient of Performance , Refrigerant, kondensor


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.