PENGARUH MODIFIKASI SUDUT KELENGKUNGAN INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA MESIN PADA MOTOR EMPAT LANGKAH

EKO WINARTO

Abstract


Motor bakar merupakan suatu penggerak mula yaitu mesin yang menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanik. Didalam silinder ini terjadi pembakaran antara bahan bakar dan udara, gas yang dibakar diruang bakar diharapkan mampu menggerakkan torak yang dihubungkan dengan poros engkol dalam penggunaan yang semakin berkembang berbagai usaha telah ditempuh untuk meningkatkan kinerja dari motor bakar terutama menyangkut daya mesin. Daya yang dihasilkan oleh suatu motor bakar tergantung dari pembakaran campuran bahan bakar dan udara. Untuk mendapatkan hasil pembakaran yang sempurna maka diperlukan suatu campuran bahan bakar dan udara yang homogen artinya tidak terlalu miskin ataupun terlalu kaya.


Penelitian ini bertujuan untuk menaikan performa mesin dengan cara merubah sudut kelengkungan intake manifold yang dimana dapat memberikan efek aliran turbulen pada silinder. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, obyek penelitian adalah motor Honda legenda tahun 2003. Intake manifold yang digunakan dalam penelitian ini adalah meliputi kelompok standar dengan sudut kelengkung 1800, kelompok eksperimen meliputi variasi 1 dengan sudut kelengkung kanan 1500, variasi 2  dengan sudut kelengkung kanan 1300, dan variasi 3 dengan sudut kelengkung kanan 1100. Analisa data dilakukan dengan metode deskriptif dengan memvariasikan rpm pada beban penuh (Full Open Throtle Valve) posisi transmisi top gear yang berpedoman pada standart ISO 1585 Road vehicles-engine test code-net power.  untuk mengetahui Torsi (T), Daya efektif (Ne) dan Tekanan efektif rata-rata (Bmep) pada motor bensin empat langkah. Data hasil penelitian yang diperoleh ditampilkan dalam bentuk grafik selanjutnya dideskripsikan dengan kalimat sederhana.


Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa perubahan intake manifold variasi dapat membentuk aliran menjadi turbulen, sehingga campuran bahan bakar dan udara yang masuk lebih homogen dan membuat pembakaran lebih sempurna, torsi optimal didapatkan dengan intake manifold variasi 3 sudut kelengkungan kanan 1100 sebesar 3,69 kgf.m dengan persentase peningkatan 4,53% pada putaran 6000 rpm. Daya efektif optimal dengan intake manifold variasi 3 sudut kelengkungan kanan 1100 sebesar 5,41 PS dengan persentase peningkatan 4,58% pada putaran 7000 rpm, 3,56% pada 7500 rpm, dan 4,58% pada 8000 rpm dan Tekanan efektif rata-rata optimal dengan intake manifold variasi 3 sudut kelengkungan kanan 1100 1,886 kg/cmdengan persentase peningkatan 10,22% pada putaran 5000 rpm.


Kata Kunci : Intake Manifold, Sudut Kelengkungan, Performa Mesin.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.