PERANCANGAN MESIN PENGERING LAUNDRY DENGAN METODE QFD

ICHWAN ARDIANTO

Abstract


Dalam menjalankan usaha jasa laundry kepercayaan dan kepuasan pelanggan merupakan syarat mutlak yang harus diperhatikan sepenuhnya oleh pemilik jasa laundry. Selama ini setiap jasa laundry hampir semuanya menggunakan mesin cuci yang sudah dilengkapi dengan proses pengeringan. Tetapi pengeringan bawaan mesin cuci tersebut hampir tidak pernah digunakan karena terbentur dengan tenaga listrik yang besar yang tentunya memakan biaya operasional yang besar pula. Untuk menghindari biaya operasional yang besar, pihak jasa laundry masih menggunakan panas matahari. Bila musim hujan tiba, pihak jasa laundry terpaksa menggunakan mesin pengering berbahan bakar gas karena biaya operasional lebih murah, dan waktu pengeringan lebih cepat dibandingkan pengering tenaga listrik. Namun masih ditemukan beberapa kelemahan-kelemahan, antara lain kurang aman, harga alat mahal, pengoperasian masih manual dan bau gas rawan masuk ke ruang pengering. Hal ini tentunya akan mengurangi kualitas hasil cucian yang di keringkan.


Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pengembangan desain mesin pengering laundry berbahan bakar gas menggunakan analisa QFD. Dalam pengambilan data menggunakan sistem kuesioner, dengan maksud untuk memperoleh informasi yang sesuai dengan tujuan penelitian, hingga didapat hasil yang dijamin kebenarannya. Sebelum kuesioner dibuat, dilakukan wawancara atau interview terlebih dahulu terhadap konsumen yang dimaksudkan agar responden dapat memberikan jawaban respon yang positif terhadap pertanyaan yang di ajukan ke pada pemilik atau pegawai jasa laundry.


Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa desain mesin pengering laundry yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan pengguna yaitu desain konsep C. Pemilihan konsep C yang akan dikembangkan ini berdasarkan nilai tertinggi yang di dapat konsep C (22 point) di bandingkan dengan konsep B (17 point). Dari 22 kriteria komponen yang yang diinginkan, semuanya ada pada konsep C. Sebagai pengembangan desain mesin pengering laundry ada beberapa penambahan yang dilengkapi dengan blower 50 watt, burner, ECU(electrik control unit),sensor panas, sensor cahaya, solenoid valve, timer, alarm, roda, pegangan tangan, cerobong output udara panas, tabung gas terpisah, swing head, on of button, warna biru muda, bahan  aluminium dan harga mesin 2 juta. Efisiensi analisa QFD (Quality Funtion Deployment ) pada mesin pengering laundry berbahan bakar gas ini adalah Tercipta desain mesin pengering laundry berbahan bakar gas yang dapat menghembus udara panas yang dapat menyebar, Kemudahan penggunaan  dilengkapi dengan alat yang di desain knock down, pemberian roda dan pegangan tangan untuk memudahkan pemindahan alat, Dilengkapi beberapa sistem keamanan otomatis, antara lain sensor suhu, timer, alarm, Sensor cahaya dan solenoid (kebocoran gas).


Kata kunci: Mesin pengering laundry, QFD (Quality Fungtion deployment)


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.