PENGARUH LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KUALITAS POTONGAN LOGAM MENGGUNAKAN LAS GAS DI SENTRA INDUSTRI LOGAM DESA NGINGAS KECAMATAN WARU KABUPATEN SIDOARJO

JOHAN TRIYADI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja terhadap kualitas hasil pemotongan logam menggunakan las gas di Sentra Industri Logam Desa Ngingas Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo.


Penelitian ini penelitian kuantitatif. Obyek penelitian adalah karyawan bagian pemotongan logam yang berjumlah 40 orang. Variabel bebas (X1) latar belakang pendidikan adalah SLTA, SLTP dan SD. Variabel bebas (X2) pengalaman kerja adalah kurang dari 3 tahun, antara 3-6 tahun dan lebih dari 6 tahun.  Variabel terikat (Y) kualitas hasil pemotongan adalah kehalusan permukaan, kelurusan jalur pengelasan, pengaturan tekanan gas, cacat pemotongan dan kebersihan.  Metode analisis data di uji dengan uji Independent T-test, Anova one way, dan Regresi Linier. Perhitungan analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan SPSS 17.0.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan kualitas pemotongan karyawan latar belakang pendidikan SLTA, kualitas pemotongan karyawan latar belakang pendidikan SLTP, dan kualitas pemotongan karyawan  latar belakang pendidikan SD jadi semakin tinggi latar belakang pendidikan karyawan maka semakin baik pula kualitas hasil pemotongan logam. Dan ada perbedaan yang signifikan kualitas pemotongan karyawan dengan pengalaman kerja kurang dari 3 tahun kualitas pemotongan karyawan dengan pengalaman kerja antara 3-6 tahun, kualitas pemotongan karyawan dengan pengalaman kerja lebih dari 6 tahun jadi semakin tinggi pengalaman kerja karyawan maka semakin baik pula kualitas hasil pemotongan logam.  Dan ada pengaruh yang signifikan antara variabel latar belakang pendidikan (X1) dan pengalaman kerja (X2) terhadap variabel kualitas hasil pemotongan logam menggunakan las gas (Y). Diketahui bahwa nilai R2 (R Square) diketahui sebesar 0,591. Hal ini berarti bahwa 59,1% kualitas hasil pemotongan menggunakan las gas dipengaruhi oleh variabel bebas yaitu latar belakang pendidikan sedangkan sisanya yaitu sebesar 40,9% dipengaruhi oleh variabel lain.


Kata kunci : Latar belakang pendidikan, pengalaman kerja dan  kualitas hasil pemotongan  logam


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.