PERBANDINGAN POLARIZED PAINT PROTECTION SYSTEM BERBAHAN DASAR TEFLON DENGAN PAINT PROTECTION WAX TERHADAP DAYA TAHAN KEKILAPAN CAT

AGUS SUMARWOTO

Abstract


Pengembangan dari paint protection, saat ini terdapat teknologi terbarukan yaitu teknologi perlindungan cat PPS (Polarized Paint Protection System) berbahan dasar PTFE (Poly Tetra Fluoro Ethylene, nama ilmiah dari Teflon). Umumnya,teflon baru bisa melekat di permukaan benda lain pada suhu 600 derajat celcius dan tekanan yang besar. PPS adalah satu-satunya Paint Protection di dunia yang berhasil memiliki teknologi melapisi cat mobil pasca pengecatan dengan lapisan teflon di dalam suhu ruangan dengan tekanan normal. Selain PPS Teflon, ada paint protection lain yang saat ini banyak kita jumpai di jasa salon mobil yaitu paint protection dengan wax), paint protection jenis ini bersifat temporer ada berbagai macam wax saat ini yang tentunya memiliki tngkat perlindungan yang berbeda, kedua paint protection baik PPS teflon maupun wax memiliki kelebihan dan kekurangan dalam melindungi cat.


Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen, karena untuk membandingkan peneliti terlebih dahulu mencari pengaruh perlakuan terhadap obyek penelitian, metode penelitian eksperimen dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendalikan. Pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menggunakan metode literatur dan metode eksperimen, metode eksperimen dilakukan untuk mengetahui daya tahan perlindungan dari kedua paint rotection hal ini dapat dibuktikan setelah proses paint protection dan di uji dengan cara pencucian berulang-ulang.


Hasil penelitian menunjukkan polarized paint protection system berbahan dasar teflon dapat meningkatkan kekilapan cat lebih baik daripada paint protection wax, hal ini ditunjukan setelah permukaan cat di PPS teflon kilap cat meningkat 22,1%, waxco metalic wax 18,1%, turtle wax 21,7%, dan geff 1 carnauba liquid wax 21,3%. Setelah proses pengujian pada setiap paint protection dengan 1000 kali proses cuci polarized paint protection system berbahan dasar teflon kekilapan sebelum proses cuci 90,1 GU setelah 1000 kali proses cuci turun menjadi 16,9 GU, waxco metalic wax 86,9 GU setelah 1000 kali proses cuci turun menjadi 7,9 GU, turtle wax 89,3 GU setelah 1000 kali proses cuci turun menjadi 11,8 GU, gef 1 carnauba liquid wax 89,4 GU setelah 1000 kali proses cuci turun menjadi 13,1 GU.


Kata kunci : PTFE (Poly Tetra Flouro Ethylene), teknologi paint protection.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.