PENGARUH PERBANDINGAN CAMPURAN CAT DENGAN THINNER TERHADAP KUALITAS HASIL PENGECATAAN

NICO JOHANSYAH H

Abstract


Perbandingan pada campuran cat dan thinner akan mempengaruhi kekentalan, proses pelapisan, konsumsi, dan tingkat kekilapan cat, atau dengan kata lain perbandingan inilah yang akan menentukan kualitas hasil pengecatan. Dari pengalaman peneliti di bidang pengecatan serta survei yang telah dilakukan, diketahui bahwa tidak semua perbandingan campuran cat dengan thinner adalah 1 : 1. Hal ini diperkuat dengan beberapa produsen cat yang menetapkan perbandingan campuran pada angka 1:1 hingga 1 : 1.5, sedangakan hasil (end coating) berupa kekilapan warna yang diperoleh tidak selalu maksimal. Berdasarkan hal tersebut, terdapat beberapa bengkel jasa pengecatan yang menetapkan suatu perbandingan campuran dengan angka yang lebih tinggi, namun tidak menentu jumlahnya. Oleh karena itu, penulis akan melakukan penelitian tentang perbandingan campuran cat dengan thinner dengan jumlah 0 : 0.8 hingga     1 : 1.5. Penelitian yang dilakukan  bertujuan untuk mendapatkan perbandingan campuran antara cat dan thinner yang tepat dalam pengaplikasian pada produk cat tertentu guna mendapatkan kualitas hasil pengecatan terbaik.


                 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah 2 merek cat yakni Danagloss dan Nippe 2000 yang bersifat representatif berdasarkan klasifikasi cat berkualitas sedang dan cat berkualitas rendah. Analisis data menggunakan metode deskriptif. Instrumen penelitian yang digunakan adalah glossmeter. 


Hasil penelitian yaitu berupa angka perbandingan antara cat dan thinner dengan hasil tingkat kekilapan terendah pada kedua sampel penelitian didapat pada angka perbandingan 1 : 0.8. Hasil terbaik untuk cat berkualitas rendah seperti Nippe 2000 didapat pada angka perbandingan 1 : 1.4 dengan tingkat kekilapan 91.8%, sedangakan angka perbandingan terbaik untuk cat berkualitas sedang seperti Danagloss adalah 1 : 1.5 dengan tingkat kekilapan 92.9%. Perbedaan tingkat kekilapan pada kedua sampel tersebut dipengaruhi juga oleh kadar senyawa nitroselulosa yang menghasilkan perbedaan karakteristik cat. Berdasarkan pengujian laboratorium yang dilakukan, diketahui kadar nitroselulosa pada cat Danagloss adalah sebesar 75.10%, sedangkan kadar nitroselulosa pada cat Nippe 2000 adalah sebesar 54.93%.


Kata kunci: Cat, glossmeter, perbandingan campuran.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.