STUDI PENGARUH ORIENTASI ARAH SERAT DAN FRAKSI VOLUM SERAT TERHADAP KEKUATAN TARIK KOMPOSIT BERPENGUAT FIBERGLASS DENGAN MATRIK EPOXY

IMAFUL HANSA

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik bahan komposit berpenguat serat fiberglass dengan matriks  epoxy resin. Penelitian ini terbagi dalam beberapa tahapan. Tahap pertama pembuatan model komposit, setelah itu dibuatlah komposit dengan fraksi volum 10%, 20%, 30%, 40%, 50% dengan arah serat 0º,45 º, 90 º. Pembuatan spesimen dengan metode hand lay-up. Tahap kedua yaitu pengujian material komposit. Pengujian yang dilakukan yaitu uji tarik. Uji tarik dilakukan menggunakan standar ASTM D 638M-84 M-1. Tahap ketiga yaitu hasil analisa data dan pembahasan.


Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kekuatan tarik (tensile strength) terbesar pada fraksi volum 10% arah serat 0º (arah membujur) dengan nilai 7,96 kgf/mm2. Sedangkan semakin besar fraksi volum komposit terlihat kecenderungan semakin menurun. Ini dapat diperlihatkan dengan hasil terkecil didapatkan pada fraksi volum 50% arah serat 90º sebesar 6,38kgf/mm2. Dari hasil yang didapatkan bisa disimpulkan bahwa pengaruh fraksi volum dan arah penataan serat menunjukkan tren berbanding terbalik terhadap penambahan fraksi volum dan perubahan arah serat.


Kata kunci : fiberglass, epoxy resin, fraksi volum, arah serat


 


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.