PENGARUH VARIASI LOBE SEPARATION ANGLE (LSA)PADA CAMSHAFT TERHADAP UNJUK KERJA MESIN SUPRA X 125 TAHUN 2008

DESTRIO ESTU WIJANATA

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh perubahan sudut LSA camshaft terhadap unjuk kerja mesin Honda Supra X tahun 2008. Variasi sudut LSA kelompok standar (LSA= 104°) dan kelompok eksperimen (modifikasi LSA= 102° dan LSA= 103. Metode pengujian unjuk kerja mesin berdasarkan SAE J1349 pada beban penuh (Full Open Throtle Valve) dengan posisi transmisi top gear. Analisis data dengan menggunakan deskriptif. Hasil menunjukkan bahwa secara umum penggunaan sudut LSA camshaft modifikasi 103° pada mesin Honda Supra X tahun 2008 lebih baik dibandingkan dengan sudut LSA camshaft standar 104° maupun modifikasi 102° dari segi unjuk kerja mesin. Hal ini dibuktikan dengan Torsi optimal dihasilkan dengan menggunakan sudut LSA camshaft modifikasi 103° sebesar 1,09 kgf.m dengan persentase peningkatan sebesar 7,92% pada 5500 rpm dan 12,62% pada 6000 rpm. Daya efektif optimal dihasilkan dengan menggunakan sudut LSA camshaft modifikasi 103° sebesar 10,24 PS dengan persentase peningkatan sebesar 20,24% pada 7000 rpm. Konsumsi bahan bakar dihasilkan dengan menggunakan sudut LSA camshaft modifikasi 102° sebesar 0,28 kg/jam dengan persentase penurunan sebesar -5,03% pada 3500 rpm. Tekanan efektif rata-rata optimal dihasilkan dengan menggunakan sudut LSA camshaft modifikasi 103° sebesar 2,55 kg/cm² dengan persentase peningkatan sebesar 11,93% pada 6000 rpm dibandingkan dengan menggunakan sudut LSA camshaft standar 104°.


Kata kunci: Camshaft, Lobe Separation Angle (LSA), Unjuk Kerja Mesin.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.