RANCANG BANGUN ENGINE WATER BRAKE DYNAMOMETER SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTEK PENGUJIAN PERFORMA MESIN

ARIYO WINARKO

Abstract


Performa suatu motor pembakaran dalam sering kali dikaitkan dengan torsi dan daya mesin. Untuk melakukan pengukuran perfoma mesin digunakan alat yang dinamakan dynamometer. Dalam proses pengujian perfoma mesin perlu juga adanya sistem pendinginan karena pembebanan dynamometer mengakibatkan panas. Water brake dynamometer adalah salah satu jenis dynamometer yang menggunakan air sebagai media pembebanan. Tujuan rancang bangun bangun ini adalah untuk mengetahui performa mesin Yamaha F1Z-R Tahun 2000 dengan menggunakan engine water brake dynamometer.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Obyek penelitian adalah mesin sepeda motor Yamaha F1Z-R Tahun 2000. Pengujian performa mesin berdasarkan SAE J1349 DEC 80. Instrumen dan alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah digital tachometer, electronic temperature controller, sound level meter, exhaust gas analyzer, water pump, fuel meter, dan dynamometer. Analisis data menggunakan metode deskritif kualitatif.Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah dapat diketahui rancang bangun water brake dynamometer dan getaran maksimum yang dihasilkan water brake dynamometer baru yaitu pada putaran mesin 6500 rpm sebesar 34.45 m/s2 sedangkan pada water brake dynamometer standar getaran maksimal yang dihasilkan yaitu pada putaran mesin 6500 sebesar 33.82 m/s2 sehingga water brake dynamometer baru mengalami peningkatan getaran dengan presentase sebesar 1.86% dibandingakan dengan water brake dynamometer standar.

Keywords


Water brake dynamometer, mesin dua langkah, dan performa mesin

Full Text: Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.