Analisis Kualitas Billet Dengan Metode Statistical Process Control (SPC)   ANALISIS KUALITAS BILLET DENGAN METODE STATISTICAL PROCESS CONTROL (SPC) PADA PT. HANIL JAYA STEEL

EKO SUTANTO

Abstract


Billet adalah bahan utama dalam bidang produksi besi beton. Besi beton itu banyak di gunakan pada bangunan dan infra struktur lain. Seperti jembatan, pondasi gedung, menara tower, dermaga dan bandara. Dalam produksinya PT. Hanil Jaya Steel masih belum mencapai zero defect, karena masih ditemui adanya defect pada proses produksinya. Oleh karena itu masalah yang diteliti adalah tingkat kecacatan billet, penyebab cacat dan perbaikan yang harus dilakukan di PT.Hanil Jaya Steel.


Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kuantitatif. Subyek penelitian analisis kualitas billet. Obyek penelitian adalah cacat billet dengan menggunakan metode statistical process control, instrumen penelitian berupa interview, observasi, dan dokumentasi.


Hasil penelitian ini menunjukan, cacat 3,9%. Jika dilihat dari total cacat menurut jenis : rumbik 40,37% ; retak 33,72% ; patah 29,91% dari total produk cacat. Penyebab cacat adalah : manusia : kemampuan dan tingkat ketelitian operator kurang, mesin : kerak pada saluran mould jaket, ausnya kepala mould, pipa spray bermasalah, metode : setting mould, setting pipa spray, material : terlalu banyak campuran kapur dan vanadium, lingkungan : suhu air pendinginan tidak normal. Langkah perbaikan yang harus dilakukan adalah : manusia : pelatihan dan training untuk meningkatkan skill operator, mesin : perawatan saluran mould jaket, perbaikan keausan mould dan pipa spray, metode : setting mould dan pipa spray harus benar, material : komposisi bahan aditif harus benar, sesuaikan campuran kapur dan vanadium, lingkungan : menjaga suhu air tetap normal pada cooling water.


Kata Kunci : Kualitas Billet, Statistical Process Control


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.