PENGEMBANGAN MEDIA SPIN WELL MATERI ALAT PEMBAYARAN DI KELAS X SEKOLAH MENENGAH ATAS

ANNISA MAHARINDA

Abstract


Media pembelajaran merupakan perantara antara guru kepada siswa dalam hal menyampaikan pesan yang terjadi di dalam proses belajar mengajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Terdapat bermacam-macam wujud interaksi yang terjadi antara peserta didik dengan sumber belajar. Salah satu interaksi cara belajar siswa dengan guru adalah dengan ceramah.  Tetapi efektivitas belajar dengan mendengarkan saja kurang optimal. Belajar  akan dikatakan efektif apabila si pembelajar menerapkan sesuatu, melalui segala metode dan segala media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran spin well ketika diterapkan dalam proses pembelajaran, bagaimana kepraktisan media menurut respon siswa, bagaimana keefektifan media yang sudah diterapkan dengan menggunakan hasil belajar siswa yang berupa nilai pretest dan posttest. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen jenis penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi menurut Sugiyono (2016) yaitu meneliti dan mengembangkan media pembelajaran Spin well untuk materi Alat Pembayaran. Penelitian ini dilakukan di SMAN 17 Surabaya kelas XIPS 1 berjumlah 20 orang siswa, X IPS 2 berjumlah 30 orang siswa dan X IPS 3 berjumlah 30 orang siswa. Hasil dari penelitian ini, media pembelajaran spin well dinyatakan sangat layak oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli evaluasi dan ahli media sehingga media pembelajaran spin well layak diterapkan sebagai alternatif media pembelajaran. Media pembelajaran spin well telah dinyatakan dapat diterima baik oleh siswa. Hasil dari angket respon siswa menunjukkan siswa tertarik mengikuti proses pembelajaran. Media juga dikatakan efektif dengan dibuktikan oleh nilai posttest dengan menggunakan uji t dengan signifikasi 0.268 yang terdapat peningkatan dari nilai pretest dengan persentase nilai pretest sebesar 52% dan nilai posttest sebesar 79%.


 


KatabKunci :Penelitian, Pengembangan, Media Pembelajaran, Spin well, Kelayakan, Respon siswa, Keefektifan


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.