UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN ARENDS KELAS XI IPS 2  SMAN 2 MOJOKERTO

NURLITA PURNAMASARI

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan model pembelajaran yang digunakan adalah Time Token Arends. Tujuannya adalah (1) mendeskripsikan keaktifan belajar siswa pada kelas XI IPS 2 di SMAN 2 Kota Mojokerto dan (2) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Time Token Arends siswa kelas XI IPS 2 di SMAN 2 Kota Mojokerto kompetensi dasar perdagangan internasional. Instrumen penelitian yang digunakan antara lain respon siswa untuk menilai penerapan model pembelajaran Time Token Arends, lembar keaktifan belajar siswa untuk menilai keaktifan belajar siswa dan lembar pengamatan guru yang digunakan untuk menilai kegiatan pembelajaran.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa telah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan, baik dari penilaian siswa maupun pengamat. Pada siklus I aktivitas yang sering dilakukan siswa adalah  emotional activities sebesar 70,69%  dan  yang sedikit dilakukan adalah   motor activities sebesar 45,26%. Pada siklus II terjadi peningkatan aktivitas  yaitu emotional activities sebesar 81,47% dan motor activities sebesar 65,95%. Hasil serupa atas keaktifan belajar siswa dari pengamat pada aktivitas  siklus I adalah emotional activities sebesar 68,53% dan aktivitas terendah motor activities yaitu 42,24%. Pada siklus II kedua aktivitas tersebut mengalami peningkatan yaitu sebesar 79,31% dan 65,09%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran Time Token Arends pada siklus I sebesar 63,40% dan siklus II sebesar 74,49%. Peningkatan tersebut terjadi setelah dilakukan adanya perbaikan aturan diskusi yaitu setiap siswa wajib menggunakan kupon yang mereka miliki untuk memberikan pendapat maupun sanggahan dan penambahan waktu pada kupon yang digunakan siswa dalam diskusi sehingga dapat memberikan kesempatan siswa dalam menyampaikan pendapat.


Kata kunci: Keaktifan, Time Token Arends.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.