PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)  UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X IIS 2 SMA NEGERI 1 WARU

BAYU SETIAWAN

Abstract


Penelitian ini”bertujuan untuk”mendeskripsikan aktivitas guru dalam penerapan”model pembelajaran”CTL, mendeskripsikan peningkatan keaktifan”siswa dalam penerapan model pembelajaran CTL, dan untuk mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran CTL. Jenis penelitian ini termasuk dalam penelitian tidakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu; Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Waru  kelas X IIS 2 yang terdiri dari 38 siswa. Pengamatan dilakukan menggunakan lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan keaktifan siswa dan angket respon siswa.


      Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya aktivitas guru menunjukkan hasil yang cukup baik, hal ini terlihat dari pengamatan  selama kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan penutup diperoleh skor rata rata 3,03,  pada siklus 1. Hasil pengamatan pada siklus 2 diperoleh skor rata rata 3,10. Pengamatan keaktifan siswa mencakup 4 indikator yang meliputi, 1) aktif dalam mengemukakan pendapat, 2) aktif dalam bertanya, 3) aktif dalam menanggapi pendapat teman, 4) aktif dalam bekerja sama kelompok. Pada pelaksanaan siklus 1 keaktifan siswa memperoleh  skor keseluruhan sebesar 42,09%, dan meningkat pada  siklus 2 keaktifan siswa memperoleh skor keseluruhan sebesar 61,28%. Hasil angket respon siswa menunjukkan hasil yang cukup baik, dengan  memperoleh skor 72,22% termasuk dalam kategori baik. Hal ini dikarenakan pada lembar angket respon siswa, sebanyak 30 siswa yang menyatakan setuju dengan penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning.


 


Kata kunci :  Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning, mata pelajaran ekonomi, keaktifan siswa


 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.