PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN MINAT MENJADI GURU TERHADAP PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FE UNESA ANGKATAN 2014

MERLIANA OKTAVINALIS

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mencari data dan menganalisis tentang pengaruh status sosial ekonomi keluarga dan minat menjadi guru terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE Unesa angkatan 2014. Peneltian ini menggunakan penelitian populasi dengan jumlah 81 mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE Unesa angkatan 2014. Variabel yang dikaji yaitu status sosial ekonomi keluarga, minat menjadi guru, dan prestasi akademik. Sumber data menggunakan studi pendahuluan dengan dokumentasi, wawancara, dan angket. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan analisis regresi linear berganda.


           Hasil penelitian menunjukkan 1)status sosial ekonomi keluarga tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa, 2)minat menjadi guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa, 3)status sosial ekonomi keluarga dan minat menjadi guru secara bersama-sama memiliki pengaruh terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE Unesa angkatan 2014. Koefisien determinasi status sosial ekonomi keluarga dan minat menjadi guru terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE Unesa angkatan 2014 sebesar  0,359 atau 35,9%.


 


    Kata Kunci: status sosial ekonomi keluarga, minat menjadi guru, prestasi akademik mahasiswa


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.