PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X IPS PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

NURUL HIDAYAH

Abstract


Pendidikan”merupakan”salah satu aspek penting dalam membangun kemajuan bangsa”. Melalui pendidikan sumber daya manusia dapat menjadi”penerus bangsa yang berkualitas dalam membangun negeri kearah yang lebih baik. Dilakukannya penelitian di SMA Negeri 1 Driyorejo kelas X IPS 1 dengan”menggunakan Model Pembelajaran”Kooperatif Tipe Scramble karena kurang dilakukan variasi model pembelajaran sehingga hasil belajar siswa belum sesuai standar. Dalam”penelitian ini peneliti bertindak sebagaipengajar dikelas dalam”Kompetensi Dasar Konsep”Perkoperasian Mata Pelajaran Ekonomi. Jenis”penelitian ini merupakan Penelitian”Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tujuan”penelitian untuk mengidentifikasi”aktivitas guru dan siswa,”respon siswa dan”hasil belajar siswa dengan menggunakan”model pembelajaran”kooperatif tipe Scramble. Berdasarkan”penelitian yang”telah”dilakukan dalam 2 siklus menunjukan adanya”peningkatan”aktivitas guru dan siswa, serta”hasil belajar siswa dari”siklus I menuju”siklus II. Dan respon siswa menunjukan hasil positif terhadap Model”Pembelajaran  Kooperatif”Tipe Scramble.


 


Kata Kunci:” Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar Siswa.


Full Text: DOC

Refbacks

  • There are currently no refbacks.