PENGEMBANGAN MEDIA GAME ULAR TANGGA EKONOMI UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KEBIJAKAN MONETER DAN KEBIJAKAN FISKAL KELAS XI SMA NEGERI 1 DRIYOREJO

DINDA OKI WIDASARI

Abstract


Duniaapendiidikan adalahhdunia yang ssangat penting dalamkkehidupan manusia. Manusia yang berpendidikan akan selalu berkembang kearah yang lebih baik. setiap zaman, pasti akaan selaluu ada perrubahan yang mengarah pada perubahan pendidikan yang makin baik. Di samping itu, dunia pendidikan juga memerlukan berbagai inovasi. Penelitiannini bertujuan untuk: 1) mencariddata kelayakan game ular tangga ekonomi seebagai media pembeladjaran ekonomii yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar pada materi kebijakan moneter dan kebijakan fiskal; 2) mencari data respon siswa terhadap game ular tangga ekonomi dalam proses pembelajaran; 3) mencari data peningkatan minat dan hasil belajar siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Driyorejo setelah diterapkan game ular tangga ekonomi. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) deengan model pengembangan ADDIE, dengan tahapann : 1) analisia; 2) desain; 3) pengembangan; 4) implementasi; 5) evaluasi. Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Media yang dikembangkan diujicobakan kepada 34 peserta didik kelas XI IPS 3 SMA Negeri 1 Driyorejo”.


“Hasil penilaian ahli media mendapat nilai persentase 84,66% degan kategori sangat layak. Hasil penilaian ahli materi mendapat persentase rata-rata 90,33% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian ujicoba mendapat persentase rata-rata 89,5%. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi dengan persentase rata-rata 3,96% dengan kategori meningkat. Hasil belajar peserta didik dengan persentase rata-rata 86,35% dengan kategori meningkat dan mendapat predikat B. berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa game ular tangga ekonomi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran dan dapatomeningkatkan minat dann hasil belajar peserta didik”.


 


Kata kunci: Pengembangan Media Game Ular Tangga Ekonomi, Minat belajar, Hasil Belajar


Full Text: DOCX

Refbacks

  • There are currently no refbacks.