Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Akuntansi AKUNESA?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Naskah yang dimuat belum pernah diterbitkan dalam media cetal dan/atau elektronik lain, dapat berupa artikel hasil penelitian maupun artikel konseptual, ditulis dalam bahasa indonesia atau bahasa inggris.
  2. Naskah diketik 2 (dua) spasi pada kertas berukuran A4, panjang 20-25 halaman, dengan font 12, Times New Roman, jarak pengetikan 4 cm dari samping kiri, 3 cm dari samping kanan, 3 cm dari batas atas, dan 3 cm dari batas bawah.
  3. Cara penulisan Bab dan Subbab tidak menggunakan sistem numeral,artinya tidak ada penomoran Bab dan Sub-bab. Penulisan bab baru mengikuti bab sebelumnya dengan jarak 18 point antara judul bab dengan baris terakhir bab sebelumnya (tidak berganti halaman baru).
  4. Judul artikel diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan fontstyle bold (cetak tebal) dengan posisi di tengah tanpa digarisbawahi.
  5. Judul Bab diketik menggunakan huruf besar (kapital) dengan fontstyle bold (cetak tebal) dimulai dari sebelah kiri tanpa digarisbawahi.
  6. Judul Subbab ditulis dengan font style bold (cetak tebal), dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”); kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
  7. Judul Anak Subbab ditulis dengan font style italic (cetak miring) dimulai dari sebelah kiri, huruf pertama setiap kata ditulis dengan huruf besar (kapital), kecuali kata-kata tugas, seperti preposisi (“di”, “ke”, “dari”, “yang”, “antara”, “pada”, “untuk”, “tentang”, “dengan”); kata sambung (“dan”, “atau”, “sejak”, “setelah”, “karena”).
  8. Jarakpengetikan antara Bab dan Subbab 12 Point, antara Subbab dan kalimat dibawahnya 6 Point.


    Alinea baru diketik menjorok ke dalam (diberi indentation) sebanyak 7-8 karakter (sekitar 1,25 cm).

  9. Abstrak dan Daftar Pustaka diketik 1 spasi. Khusus abstrak ditulis menggunakan font style italic (cetak miring). Abstrak ditulis dalam Bahasa Inggris.


    Nama-nama penulis (tanpa gelar) beserta alamat institusinya dan alamat email diketik tepat di bawah judul artikel dengan jarak 6 point.

  10. Bagian utama (naskah artikel) diberi nomor halaman menggunakan angka arab yang dimulai dengan nomor halaman 1 (satu) dan diketik di sebelah kanan atas dengan jarak 3 cm dari tepi kanan dan 1,5 cm dari tepi atas.
  11. Tabel diberi judul dengan penomoran tabel sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul tabel ditulis di atas tabel dengan nomor tabel menggunakan angka arab.


    Gambar baik dalam bentuk grafik maupun foto diberi judul dengan penomoran gambar sesuai dengan urutan kemunculannya dalam naskah. Judul gambar ditulis di bawah gambar dengan nomor gambar menggunakan angka arab.

  12. Hindari penggunaan warna dalam gambar, gunakan teknik grayscale untuk mengemulasi warna dalam foto atau diagram, dan gunakan pattern/pola untuk menggantikan warna dalam grafik garis ataupun diagram.
  13. Sistematika artikel hasil penelitian sebagai berikut:
    • JUDUL

    Judul artikel hendaknya menggambarkan isi pokok tulisan secara ringkas dan jelas.

    • NAMA PENULIS

    Nama-nama penulis (tanpa gelar) dituliskan tepat di bawah judul, disertai dengan alamat institusi dan alamat email.

    • ABSTRAK DAN KATA KUNCI

    Abstrak dalam bahasa inggris, maksimum 150 kata, memuat uraian mengenai masalah dan tujuan penelitian, metode penelitian, dan hasil penelitian. Kata-kata kunci berisi  ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang diteliti. Kata kunci terdiri dari 3-5 kata.

    • PENDAHULUAN

    Berisi tentang permasalahan penelitian, rencana pemecahan masalah penelitian, tujuan penelitian.

    • KAJIAN PUSTAKA

    Rangkuman kajian atau telaah teoritik dan telaah empirik yang berkaitan dengan masalah yang diteliti, serta hipotesis (jika ada).

    • METODE

    Memuat rancangan penelitian atau desain penelitian, sasaran dan target penelitian (populasi dan sampel) teknik pengumpulan data, dan teknik analisis. Metode harus dijelaskan secara lengkap agar peneliti lain dapat melakukan uji coba ulang. Acuan (referensi) diberikan pada metode yang kurang dikenal.

    • HASIL

    Bagian ini memuat paparan data dan analisis data, serta pengujian hipotesis. Data dapat diringkas dalam bentuk tabel dan gambar. Tidak ada spekulasi dan interpretasi dalam bagian ini, yang ada hanya fakta.

    • PEMBAHASAN

    Bagian ini berisi bahasan terhadap hasil penelitian, menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian, temuan-temuan dan menginterpretasikan temuan-temuan. Interpretasi dan ketajaman analisis dari penulis terhadap hasil yang diperoleh dikemukakan disini, termasuk pembahasan tentang pertanyaan-pertanyaan dari hasil penelitian serta dugaan ilmiah yang dapat bermanfaat untuk kelanjutan bagi penelitian mendatang. Pemecahan masalah yang berhasil dilakukan, perbedaan dan persamaan dari hasil penelitian terhadap informasi yang ditemukan dalam berbagai pustaka (penelitian terdahulu) perlu mendapatkan catatan disni.

    • KESIMPULAN

    Menyajikan kesimpulan penelitian, saran-saran atau arahan penelitian mendatang, dan limitasi penelitian. Secara umum kesimpulan penelitian menunjukkan jawaban atas tujuan yang telah dikemukakan dalam pendahuluan.

    • UCAPAN TERIMA KASIH

    Apabila memang ada pihak yang telah membantu dalam kegiatan yang dilakukan, maka ucapan terima kasih dapat disampaikan disini.

    • DAFTAR PUSTAKA

    Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.

  14. Sistematika artikel konseptual sebagai berikut,
    • ABSTRAK DAN KATA KUNCI

    Abstrak dalam bahasa inggris, maksimum 150 kata, memuat ringkasan yang padat dari isi artikel yang mencerminkan gambaran umum masalah yang dibahas dan hal-hal yang sedang dikritisi. Abstrak diikuti kata kunci 3-5 kata, yang berisi ide-ide atau konsep dasar yang mewakili bidang yang dibahas.

    • PENDAHULUAN

    Menguraikan hal-hal yang menarik perhatian pembaca dan memberikan konteks bagi permasalahan yang dibahas, mengemukakan permasalahan yang dibahas dan tujuan pembahasan.

    • PEMBAHASAN

    Bagian ini berisi kupasan permaslahan yang meliputi analisis, argumentasi atau komparasi, dan pendirian penulis mengenai masalah yang dibahas.

    • KESIMPULAN

    Berisi penegasan sikap penulis atas masalah yang dibahas, termasuk saran-saran dan sikap alternative jika ada.

    • DAFTAR PUSTAKA
    Daftar pustaka berisi informasi tentang sumber pustaka yang telah dirujuk dalam tubuh tulisan. Untuk setiap pustaka yang dirujuk dalam naskah harus muncul dalam daftar pustaka, begitu juga sebaliknya setiap pustaka yang muncul dalam daftar pustaka harus pernah dirujuk dalam tubuh tulisan.
  15. Penulisan daftar pustaka menggunakan sistem Harvard (auther-date style)

    Sistem Harvard menggunakan nama penulis dan tahun publikasi dengan urutan pemunculan berdasarkan nama penulis secara alfabetis. Publikasi dari penulis yang sama dan dalam tahun yang sama ditulis dengan cara menambahkan huruf a, b, atau c dan seterusnya tepat di belakang tahun publikasi (baik penulisan dalam daftar pustaka maupun sitasi dalam naskah tulisan). Alamat Internet ditulis menggunakan huruf italic. Terdapat banyak varian dari sistem Harvard yang digunakandalam berbagai jurnal di dunia.

    Contoh :

    Buller H, Hoggart K. 1994a. New drugs for acute respiratory distress syndrome. New England J Med 337(6): 435-439.

    . 1994b. The social integration of British home owners into rench rural communities. J Rural Studies 10(2):197–210.

    Dower M. 1977. Planning aspects of second homes. di dalam Coppock JT (ed.), Second Homes: Curse or Blessing? Oxford: Pergamon Pr. Hlm 210–237.

    Grinspoon L, Bakalar JB. 1993. Marijuana: the Forbidden Medicine. London: Yale Univ Press.

    Palmer FR. 1986. Mood and Modality. Cambridge: Cambridge Univ Press.

     

    Contoh melakukan perujukan sumber pustaka dalam naskah tulisan :

    "Smith (1983) menemukan bahwa tumbuhan pengikat N dapat diinfeksi oleh beberapa spesies Rhizobium yang berbeda”.

     

    "Integrasi vertikal sistem rantai pasokan dapat menghemat total biaya distribusi antara 15% sampai 25 % (Smith, 1949, Bond et al., 1955, Jones dan Green, 1963)."

     

    "Walaupun keberadaan Rhizobium normalnya mampu meningkatkan pertumbuhan kacangkacangan (Nguyen, 1987), namun telah didapat pula hasil yang berbeda bahkan berlawanan (Washington, 1999)."

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.

 


ISSN: 2302-1195