PENGEMBANGAN PAKET BIMBINGAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI UNTUK PESERTA DIDIK SMPN 1 KOTA MOJOKERTO

Abdul Latif Saifulloh

Abstract


Berdasarkan hasil studi pendahuluan di SMP Negeri 1 Kota Mojokerto, ditemukan permasalahan yang dialami oleh peserta didik dengan wawancara kepada guru bimbingan dan konseling di SMPN 1 Kota Mojokerto terkait masalah keterampilan komunikasi antar pribadi, ditemukan masalah seperti berbicara dengan nada tinggi/arogan, tidak mampu menolak ajakan teman yang mengajak bicara saat pelajaran. Guru bimbingan dan konseling telah melakukan upaya dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling seperti konseling individu. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang disusun untuk mendukung layanan informasi bimbingan dan konseling di SMPN 1 Kota Mojokerto. Selain itu, pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang memenuhi kriteria akseptabilitas, meliputi : kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan.


Model pengembangan ini adalah menggunakan model prosedural yang bersifat deskriptif yang menjelaskan langkah-langkah umum yang harus diikuti untuk menghasilkan produk, yaitu model pengembangan Borg and Gall (2008), tahap yang dilaksanakan peneliti hanya sampai pada lima tahap, yaitu analisis produk yang dikembangkan (studi pendahuluan dan studi kepustakaan), perencanaan, pengembangan produk awal, uji coba calon pengguna (guru bimbingan dan konseling & 8 peserta didik), dan revisi produk tahap awal. Karena adanya keterbatasan pada pengembangan yaitu pada waktu, biaya dan pengembangan ini hanya sampai pada taraf mengembangkan produk dan menguji kepada 6-12 subjek.  


Hasil analisis dari paket bimbingan keterampilan komunikasi antar pribadi untuk peserta didik SMPN 1 Kota Mojokerto menunjukkan presentase kegunaan dengan hasil 96,42%, kelayakan dengan hasil 90%, ketepatan dengan hasil penilaian 90,62%, kepatutan dengan hasil penilaian 95%, hasil penilaian rata-rata 93,01%, yang termasuk kedalam kategori sangat baik dan tidak perlu direvisi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa paket bimbingan keterampilan komunikasi antar pribadi untuk peserta didik SMPN 1 Kota Mojokerto telah memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi kegunaan, kelayakan, ketepatan, dan kepatutan untuk diberikan oleh guru bimbingan dan konseling kepada peserta didik di SMPN 1 Kota Mojokerto.


 


Kata kunci : Pengembangan, Paket, Keterampilan Komunikasi Antar Pribadi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.