PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN ULAR TANGGA PEMAHAMAN PERILAKU BULLYING PADA SISWA KELAS V DI MI MUHAMMADIYAH 1 PARE

Nanda Dwi Annisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media permainan ular tangga pemahaman perilaku bullying pada siswa kelas V SD di MI Muhammadiyah 1 Pare. Penelitian dilakukan berdasarkan wawancara yang telah dilakukan oleh guru BK. Terdapat 9 kasus bullying yang dilakukan siswa kelas V. Diantaranya adalah bullying secara verbal dan fisik. Selama ini guru BK membantu siswa untuk menjelaskan tentang perilaku bullying hanya melalui metode ceramah atau nasehat tanpa media yang belum memadai. Maka dari itu, diperlukan media yang dapat membantu siswa memahami perilaku bullying dengan menyenangkan dan mampu menarik perhatian siswa. Media permainan ini dikembangkan dengan metode pengembangan yang diadaptasi dari model pengembangan Borg & Gall yang terbatas pada lima tahap yaitu pengumpulan informasi awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba, revisi. Berdasarkan hasil uji ahli materi menunjukkan presentase 90% dengan kategori sangat memuaskan dan tidak perlu revisi. Hasil dari ahli media menunjukkan presentase 90,27% dengan kategori sangat memuaskan dan tidak perlu revisi. Sedangkan hasil dari uji calon pengguna pada guru BK menunjukkan presentase 83,32% dengan kategori sangat memuaskan dan tidak perlu revisi. Keseluruhan presentase uji ahli menunjukkan sangat memuaskan dan tidak perlu revisi sesuai dengan kriteria kelayakan produk menurut Mustaji. Berdasarkan penilaian tersebut, maka media dapat digunakan di sekolah.


Kata kunci: Pengembangan, Permainan Ular Tangga, Perilaku Bullying


Refbacks

  • There are currently no refbacks.