Pengembangan Modifikasi Permainan Scrabble dalam Bimbingan Kelompok Untuk Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 33Surabaya

UMMI NADZIROH

Abstract


Bedasarkan Hasil Studi Pendahuluan Yang Telah Dilakukan Oleh Peneliti Di SMPN 33 Surabaya, Terdapat Siswa Yang Membutuhkan Pemahaman Tentang Interaksi Sosial Dan Belum Adanya Media Dalam Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Interaksi Sosial. Guru BK Menyadari Bahwa Pemahaman Tentang Interaksi Sosial Sangat Penting Bagi Siswa, Namun Karena Keterbatasan Sumber Dan Media Dalam Pemberian Layanan Khususnya Layanan Bimbingan Kelompok Menjadikan Tidak Berjalan Dengan Maksimal.


PenelitianIniBertujuanUntukMengembangkan Media Modifikasi Permainan Scrabble Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Interaksi Sosial Siswa Kelas VIII SMPN 33Surabaya. Produk Pengembangan Yang Dihasilkan Terdiri Dari Dua Jenis Yaitu Media Modifikasi Permainan Scrabble Dan Buku Panduan Modifikasi Permainan Scrabble Untuk Interaksi Sosial Siswa. Media Tersebut Dikembangkan Dengan Memenuhi Kriteria Akseptabilitas Yang Meliputi Kriteria Kegunaan, Kelayakan Ketepatan, Dan Kepatutan Dengan Menggunakan Model Penelitian Dan Pengembangan Borg &Gall (2003).


Hasil Penelitian Yang Diperoleh Dari Uji Validasi Ahli Bimbingan Dan Konseling Menunjukkan Aspek Kegunaan Materi Modifikasi Permainan Scrabble Sebesar 96%, Aspek Kelayakan 96%, Aspek Ketepatan 91%, Dan Kepatutan 94% Dengan Rata-Rata Keseluruhan Terhadap Media Dan Buku Panduan 91% (Sangat Baik Tidak Perlu Revisi). Penilaian Dari Ahli Media Menunjukkan Niali 100% (Sangat Baik Tidak Perlu Revisi). Sedangkan Penilaian Dari Calon Pengguna Menunjukkan Aspek Kegunaan Sebesar 75% Aspek Kelayakan 83,3%, Aspek Ketepatan 89,2%, Dan Kepatutan 81,25% Dengan Hasil Penilaian Terhadap Media Dan Buku Panduan 82% (Sangat Baik Tidak Perlu Revisi). Dengan Demikian, Media Modifikasi Permainan Scrabble  Memenuhi Kriteria Akseptabilitas.


 


Kata Kunci :Media, Permainan, Modifikasi Scrabble,  Bimbingan Kelompok


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.