STUDI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP PERILAKU MEMBOLOS SISWA DI MTs. TARBIYATUS SA’ADAH DUSUN BEJAN DESA SIWALAN KECAMATAN PANCENG KABUPATEN GRESIK.

Nuri Fatmawati

Abstract


Perilaku membolos bukan merupakan hal baru dalam dunia pendidikan. Namun keberadaannya masih menjadi salah satu faktor  kegagalan siswa dalam belajar. Maka dari itu perilaku membolos harus segera ditangani. Hal tersebut tidak lepas dari dampak yang ditimbulkan dari kebiasaan membolos tersebut, yaitu secara akademis siswa yang sering membolos akan tertinggal materi pelajaran, selain itu siswa yang sering membolos akan merasakan ketakutan-ketakitan saat bertemu dengan pihak sekolah, bahkan siswa yang gemar membolos juga akan lebih dijauhi oleh teman-teman di sekolah. Fakta ini juga terjadi di MTs.Tarbiyatus Sa’adah Dusun Bejan Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik.  


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan faktor dan dampak perilaku membolos juga  berbagai jenis layanan bimbingan dan konseling yang diberikan oleh guru BK dalam menangani dan meminimalisir perilaku membolos bagi siswa di MTs.Tarbiyatus Sa’adah Dusun Bejan Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif lapangan dan menggunakan teknik pengumpulan data observasi non partisipan, dimana penulis tidak terlibat secara langsung dan hanya sebagai pengamat saja. selain observasi, penulis menggunakan wawancara serta dokumentasi.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor perilaku membolos yang dilakukan oleh siswa di MTs.Tarbiyatus Sa’adah Dusun Bejan Desa Siwalan Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik, meliputi faktor dari diri siswa sendiri, faktor keluarga dan faktor lingkungan sekolah dengan bentuk membolos seharian penuh dan pulang di jam istirahat yang berdampak pada psikis, akademik dan social. Adapun layanan bimbingan dan konseling yang diberikan meliputi layanan informasi, layanan konseling individu, layanan konsultasi, kunjungan rumah, konferensi kasus dan layanan mediasi. 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.