PENGEMBANGAN BUKU PAKET SELF LEADERSHIP UNTUK MENGELOLA KETERAMPILAN KEPEMIMPINAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SEBAGAI CALON PENGURUS OSIS SMPN 1 MOJOKERTO

DIANA KUNTARI

Abstract


Kepemimpinan merupakan sebuah potensi yang sudah ada dalam diri setiap individu. Kepemimpinan diri atau disebut juga self leadership merupakan sebuah  perilaku yang membentuk suatu proses keterampilan dasar yang harus dikembangkan individu agar dapat menjalani kehidupannya dengan baik sesuai dengan tujuan individu. Kepemimpinan peserta didik diaktualisasikan dalam kehidupan peserta didik baik dirumah maupun disekolah. Dalam hal ini konselor perlu untuk membantu peserta didik dalam mengelola keterampilan kepemimpinan diri. Konselor memerlukan media dalam menyampaikan materi mengenai keterampilan kepemimpinan diri kepada peserta didik maka perlu adanya pengembangan buku paket self leadership. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (2008) dengan dibatasi sampai pada tahap uji lapangan skala kecil. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasikan sebuah produk yaitu buku paket self leadership yang memenuhi kriteria kegunaan, kelayakan, kepatutan, dan ketepatan.


Hasil penelitian validasi materi dan media serta pengguna yang berjumlah 14 orang uji ahli menunjukkan bahwa media buku paket self leadership telah memenuhi kriteria aspektabilitas. Nilai yang diperoleh dari ahli materi 90,6%, ahli media 91,2%, dan calon pengguna konselor 79,6%, serta calon pengguna peserta didik 87,8%. Dengan begitu, secara keseluruhan memperoleh rata-rata nilai sebesar 87,3%, dengan kategori nilai sangat baik, tidak perlu direvisi. Sedangkan, dalam pelaksanaan uji lapangan skala kecil diperoleh data dari hasil pretes dan posttes. Dari 20 peserta didik yang dipilih oleh Pembina OSIS dengan karakteristik memiliki keterampilan kepemimpinan diri yang kurang mendapat perlakuan dan hasil pretest dan posttest keseluruhan mengalami peningkatan. Meski tergolong berhasil namun ada beberapa catatan yang perlu diperhatikan ketika penggunaan media buku paket seperti : keterampilan konselor dalam melaksanakan layana dan beberapa kritik dan saran dari pengguna siswa setelah mengikuti layanan. Namun demikian tahap revisi setelah uji kelompok kecil telah dilaksanakan sehingga media dapat digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMPN 1 Mojokerto.


Kata kunci : Pengembangan, Media Buku Paket, Self Leadership


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.