Pengembangan Booklet Pemberdayaan Diri Desain Karier “Self Empowerment Career Design” (Secd) Untuk Siswa Kelas X Smk Daruttaqwa Gresik

BERLIAN PRAMUDHITA

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah media Booklet Self Empowerment Career Design yang akan bermanfaat sebagai media layanan informasi bimbingan karier dalam melakukan perencanaan karir. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall (2008) yang terbatas hingga tahap ke tujuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Booklet Self Empowerment Career Design telah memenuhi kriteria akseptabilitas. Nilai yang diperoleh dari ahli materi 95,31% untuk booklet SECD dan 93,75% untuk buku panduan. Sedangkan nilai yang diperoleh dari ahli media 93,75% untuk booklet SECD dan 90,625% untuk buku panduan. Serta dari calon pengguna konselor 90,625% untuk booklet SECD dan 100% untuk buku panduan dan dari calon pengguna konseli 86,03%. Secara keseluruhan diperoleh rata-rata sebesar 92,87% dengan kategori nilai sangat baik tidak perlu direvisi. Dari 7 peserta didik yang telah diberikan perlakuan terdapat selisih nilai antara pre-test dengan post-test yakni 5 diantaranya menunjukkan peningkatan self empowerment dalam merencanakan karir dan sisanya 2 siswa mengalami penurunan. Sehingga dari hasil berikut, diketahui terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi peneliti selanjutnya, antara lain kriteria konselor, keterampilan dalam memberikan layanan, kelemahan dan kelebihan media. Namun setelah adanya tahap ketujuh yakni revisi produk operasional maka dapat disimpulkan bahwa media Booklet Self Empowerment Career Design telah memenuhi kriteria akseptabilitas untuk digunakan dalam pelaksanaan layanan bimbingan karir peserta didik kelas X SMK Daruttaqwa Gresik.


 


Kata Kunci : Pengembangan, Media Kalender, Bimbingan Karier Studi Lanjut


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.