PENERAPAN METODE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN KEMANTAPAN KARIER SISWA KELAS XI DI SMAN 12 SURABAYA

Arintiya Nadia Arini

Abstract


Latar belakang penelitian ini berawal dari masalah yang paling banyak dialami oleh siswa kelas XI di SMAN 12 Surabaya, yaitu ketidakmantapan siswa dalam memiliki karier, di mana masih banyak keraguan dan ketidaktahuan secara konkret tentang karier yang ada. Para siswa hanya berpegang pada informasi secara umum dari beberapa sumber. Beberapa upaya yang telah dilakukan berupa layanan informasi yang disampaikan secara klasikal di dalam kelas, namun hasil yang didapatkan masih sangat jauh dari harapan. Siswa kurang aktif di dalam kelas sehingga ketika diminta untuk menjelaskan keinginan dalam memilih pekerjaan ataupun pendidikan lanjutan sangatlah minim dalam menjawab dan menjelaskan secara abstrak (tidak tampak kesiapan dan kemantapan).


Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemantapan pilihan karier siswa dengan menggunakan metode jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Peneliti menggunakan uji-t untuk mengukur perbedaan nilai antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket dan wawancara.


Hasil analisis antara pretest dan post-test pada kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan uji-t menunjukkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan, yaitu hasil uji-t yang diperoleh adalah 2,75 dan db = 74, terdapat t-hitung > t-tabel = 2,75 > 1,995. Maka Ha diterima atau Ho tidak diterima. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan hasil post-test antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sehingga dapat dikatakan bahwa metode jigsaw lebih efektif dalam meningkatkan kemantapan pilihan karier dibandingkan dengan metode ceramah. Hal ini membuktikan pula bahwasanya kelas eksperimen lebih memahami tentang materi karier Holland yang diberikan melalui metode jigsaw.


Kata kunci : Metode jigsaw, kemantapan pilihan karir siswa 


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.