STUDI PENELUSURAN (TRACER STUDY) ALUMNI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN NON FORMAL FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA TAHUN WISUDA 2000 – 2004

DIAN MUKLIS SATIN

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) profil alumni, (2) bidang kerja alumni, (3) kesesuaian bidang kerja dengan program studi, (4) keterampilan sosial alumni, dan (5) saran alumni yang diberikan kepada pengembangan dosen dan lembaga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah alumni program studi Pendidikan Non Formal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya tahun wisuda 2000-2004 yang berjumlah 56. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi sebagai responden penelitian dengan angket hasil penelitian yang didapatkan peneliti berjumlah 48.. Teknik pengumpulan menggunakan metode angket dan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan presentase.


Hasil penelitian menunjukkan, (1) Profil alumni dengan presntase tertinggi: IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) sebesar 81% dengan predikat sangat memuaskan, sebesar 62% dengan masa studi lebih dari 8 semester, dan lama masa tunggu mendapatkan pekerjaan 35% yaitu  6- 12 bulan.(2) Bidang kerja alumni sebagai tenaga pendidik dan non pendidik. Sebanyak 27% sebagai karyawan perusahaan dan 25% sebagai guru. (3) Kesesuaian bidang kerja dengan program studi adalah untuk kesesuaian pekerjaan dengan program studi adalah 40% kurang sesuai. (4) keterampilan sosial alumni termasuk dalam kategori sangat baik dengan prosentase 89%. (5) Saran yang diberikan alumni adalah agar ditambahkan praktek – praktek lapangan di berbagai macam tempat dan diberikan keterampilan – keterampilan lain sebagai alternatif untuk alumni ke depannya.


 


Kata kunci : studi penelusuran, alumni, program studi pendidikan non formal


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.