PENERAPAN KONSELING KELOMPOK TEKNIK KONTRAK PERILAKU UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU TANGGUNG JAWAB PRIBADI SISWA KELAS VIII-F SMP NEGERI 34 SURABAYA

Jihadaroza Bee Sanna

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti yang memiliki tanggung jawab pribadi rendah selama di sekolah, seperti membolos, tidak mengembalikan peralatan makan ke kantin, menunggu dipanggil oleh guru untuk melaksanakan sholat, mengobrol dan melakukan kegiatan yang tidak seharusnya saat pelajaran hingga berakhir. Hal tersebut juga termasuk pada tata tertib yang harus dipatuhi oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dapat atau tidaknya meningkatkan tanggung jawab pribadi siswa melalui pemberian konseling kelompok teknik kontrak perilaku pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya.


Desain penelitian ini menggunakan Single Subject Design (SSD) desain A-B dengan banyak subjek penelitian 5 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan pedoman observasi dan dokumentasi. Sehingga penggunaan Single Subject Design (SSD) sesuai untuk jenis penelitian ini.


Hasil penelitian menunjukkan kelima subjek mengalami perubahan perilaku membaik yang dapat dilihat pada level perubahan perilaku tanggung jawab pribadi, yaitu Subjek V membaik 0.83 pada fase intervensi (B). Subjek W membaik 1.15 pada fase intervensi (B). Subjek X membaik 3.9 pada fase intervensi (B). Subjek Y membaik 0.55 pada fase intervensi (B). Subjek Z membaik 0.8 pada fase intervensi (B). Hal ini menunjukkan adanya perubahan skor sebelum dan sesudah diberikan konseling kelompok terknik kontrak perilaku pada siswa kelas VIII-F SMP Negeri 34 Surabaya.


Kata Kunci : Konseling Kelompok, Kontrak Perilaku, Tanggung Jawab Pribadi.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.