PENGEMBANGAN ADOBE FLASH SEBAGAI MEDIA LAYANAN INFORMASI PEMINATAN STUDI LANJUT SMA DAN SEDERAJAT UNTUK SISWA KELAS IX SMPN 5 SIDOARJO

SHELA HARIO FANDINI

Abstract


Dari studi pendahuluan yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas IX SMPN 5 Sidoarjo, menunjukkan bahwa hampir 70% siswa belum memahami mengenai program peminatan untuk studi lanjut setelah lulus SMP. Hal ini terlihat dari jawaban siswa yang tidak memiliki alasan kuat dalam memilih jurusan ketika di memasuki jenjang SMA yaitu peminatan kelompok mata pelajaran sesuai jurusan di SMA dan masih bingung dengan prosedur serta persyaratan masing-masing kelompok peminatan.


Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui akseptabilitas berupa kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kepatutan dari pada adobe flash sebagai media layanan informasi peminatan studi lanjut SMA dan sederajat sebagai layanan informasi untuk siswa SMP kelas IX yang dikembangkan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model Borg and Gall  (1983) yang telah disederhanakan oleh Tim Pusat Penelitian Kebijakan Inovasi Pendidikan (Puslitjaknov) menjadi lima tahapan, yang dilaksanakan peneliti tanpa tahap uji coba. Jenis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif deskripstif. Alat pengumpul data yang digunakan adalah angket untuk melakukan validasi pada uji ahli dan calon pengguna produk.


Berdasarkan hasil validasi uji ahli Adobe Flash sebagai Layanan Informasi Peminatan Study Lanjut SMA dan sederajat didapatkan prosentase penilaian ahli media sebesar 93.55% dan menunjukkan predikat sangat baik, penilaian validator ahli media menunjukkan predikat sangat baik yaitu 93.7%, dan hasil penilaian calon pengguna menunjukkan predikat sangat baik 96.05%. Adobe Flash sebagai Layanan Informasi Peminatan Study Lanjut SMA dan sederajat telah diperbaiki sesuai dengan masukan, komentar maupun saran  yang diberikan oleh ahli materi, ahli media, maupun calon pengguna. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Adobe Flash sebagai Layanan Informasi Peminatan Study Lanjut SMA dan sederajat untuk siswa kelas IX SMPN 5 Sidoarjo berkategori sangat baik dan dinyatakan memenuhi kriteria akseptabilitas.


Kata kunci: Pengembangan, Adobe Flash, Layanan Informasi Peminatan Study Lanjut


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.