PERILAKU SISWA KELAS X TGB DALAM PEMBELAJARAN ILMU BANGUNAN DI SMKN 3 SURABAYA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY DAN STRATEGI PQ4R

AGUS FAHMI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku belajar siswa dan hasil belajar siswa pada saat penerapan pembelajaran dengan model pembelajaran Guided Discovery dan strategi PQ4R pada kompetensi dasar memahami berbagai tipe pondasi. Model pembelajaran Guided Discovery dan strategi PQ4R diharapkan dapat membuat siswa lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan sehingga perilaku belajar dan hasil belajar siswa menjadi lebih baik.


Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian One Shot Case Study. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental Design. Subyek penelitian adalah kelas X TGB 1 SMK Negeri 3 Surabaya dengan jumlah 31 siswa. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2014-2015. Data dikumpulkan melalui validasi, observasi dan tes. Pengumpulan data validasi dilaksanakan pada tanggal 28 april – 8 mei 2015, sedangkan untuk pengumpulan data melalui observasi dan tes dilaksanakan pada tanggal 12 – 19 mei 2015. Validasi digunakan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran, antara lain silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar dan lembar penilaian belajar siswa. Observasi digunakan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran dan perilaku belajar siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung. Tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, yang diberikan pada akhir pembelajaran.


Berdasarkan hasil validasi, silabus mendapatkan presentase 84.38%, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) mendapatkan presentase 82.00%, bahan ajar mendapatkan presentase 88.46%, lembar penilaian belajar siswa mendapatkan presentase 88.46%. Artinya, perangkat pembelajaran sudah memenuhi kriteria kelayakan. Hasil pengamatan keterlaksanaan pembelajaran pada pertemuan I mendapatkan presentase 80.21% termasuk dalam kriteria baik, sedangkan pada pertemuan II mendapatkan presentase 81.25% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Artinya keterlaksanaan pembelajaran pada setiap pertemuannya mengalami peningkatan. Hasil pengamatan perilaku belajar siswa dari total 31 siswa yang mengikuti proses pembelajaran, semua siswa berada pada kriteria berperilaku baik. Kesimpulan ini berdasarkan hasil pengamatan terhadap kegiatan pendahuluan yang mendapatkan presentase 74.09%, kegiatan inti mendapatkan presentase 71.81% dan kegiatan penutup yang mendapatkan presentase 74.06%. Hasil belajar siswa memperoleh nilai rata-rata kelas 77.53. Jumlah siswa yang dinyatakan tidak tuntas yaitu 8 siswa atau 25.81% dari jumlah 31 siswa, sedangkan jumlah siswa yang dinyatakan tuntas yaitu 23 siswa atau 74.19%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Guided Discovery dan strategi PQ4R berpengaruh positif terhadap perilaku belajar dan hasil belajar siswa, hal ini dikarenakan dengan penerapan model dan strategi tersebut siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran, siswa diberi contoh permasalahan disekitarnya yang berhubungan dengan materi dan menganalisa permasalahan tersebut dengan bimbingan guru, sehingga peserta didik dapat dengan mudah mengembangkan pemahaman mereka sendiri.


Kata Kunci: Model Pembelajaran Guided Discovery, Strategi PQ4R


This study aims to determine students' learning behavior and student learning outcomes at the time of application of learning with Guided Discovery learning model and strategy PQ4R on the basis of competence to understand the different types of foundations. Guided Discovery learning model and strategy PQ4R is expected to make it easier to understand the students' learning material provided so that student learning outcomes for the better.


The research is the kind of research One Shot Case Study. The design used in this study is the Pre-Experimental Design. Subjects were class X TGB 1 SMK Negeri 3 Surabaya with the number of 31 students. Data were collected through validation, observation and tests.  Data collection validation held on 28 April – 19 May 2015, whereas for the collection of data through observation and tests held on 12 – 19 May 2015. Validation is used to determine the feasibility of learning tools, among others syllabus, Learning Implementation Plan (RPP), teaching materials and student learning assessment sheets. Observation is used to determine the feasibility of learning and learning behavior of students during the learning process takes place. Tests is used to determine student learning outcomes, which are given at the end of the lesson.


Based on the results of the validation, the syllabus earn a percentage of 84.38%, Learning Implementation Plan (RPP) get a percentage of 82.00%, teaching materials 88.46% gain percentage, student learning assessment sheets get percentage of 88.46%. That is, the learning device meets the eligibility criteria. The observation of the feasibility study at the first meeting to get a percentage of 80.21% is included in both criteria, while at the second meeting to get a percentage of 81.25% is included in the criteria very well. That is feasibility learning at each meeting has increased. Observation of student learning behavior of the total 31 students who take the learning process, all students on the criteria entered behave well. This conclusion is based on the observation of preliminary activities which earn a percentage of 74.09%, core activities get a percentage of 71.81% and closing activities get a percentage of 74.06%. Student learning outcomes the average value of class 77.53. The number of students who otherwise do not complete that 8 students or 25.81% of the number of 31 students, while the number of students who otherwise completed with 23 students or 74.19%. Based on these results it can be concluded that the implementation of Guided Discovery learning model and strategy PQ4R a positive effect on learning behavior and student learning outcomes, this is due to the implementation of the model and the strategy of the students demanded more active in the learning process, students are given examples of problems associated with the material surrounding and analyze the problems with the guidance of teachers, so students can easily develop their own understanding.


Keywords : Guided Discovery Learning Model, Strategy PQ4R


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.