PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA ANTARA METODE BELAJAR AKTIF TIPE GROUP-TO-GROUP EXCHANGE DAN METODE CERAMAH PADA MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN GEDUNG KELAS X TKK SMK NEGERI 2 TRENGGALEK

SYLVIA DEWANI HINDRATNA

Abstract


Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang bertanggung jawab untuk menciptakan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, keterampilan, dan keahlian sehingga lulusannya dapat mengembangkan kinerja apabila terjun langsung dalam dunia kerja. Rata-rata hasil belajar siswa kelas X TKK pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung di tahun ajaran 2013/2014 masih di bawah KKM. Kurang lebih ada 55% siswa belum mencapai KKM.


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Eksperimen dan bentuk desain yang lebih spesifik digunakan dalam penelitian ini yaitu Posttest-Only Control Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa antara metode belajar aktif tipe group-to-group exchange dan metode ceramah pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Kelas X TKK SMK Negeri 2 Trenggalek. Waktu pelaksanaan pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016 di SMK Negeri 2 Trenggalek. Sampel yang digunakan yaitu kelas X TKK A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 36 siswa dan kelas X TKK B sebagai kelas kontrol dengan jumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar validasi perangkat pembelajaran dan tes hasil belajar.


Hasil belajar kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata sebesar 75,69 dan kelas kontrol mempunyai nilai rata-rata sebesar 65,56. Hasil uji normalitas kelas eksperimen menunjukkan bahwa Xh2 = 10,36 < Xt2 = 11,070 dan kelas kontrol menunjukkan bahwa Xh2 = 10,97 < Xt2 = 11,070. Artinya distribusi data kedua kelas dinyatakan normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan nilai F hitung lebih kecil dari nilai F tabel (1,39<1,76), maka data tersebut dinyatakan homogen. Uji hipotesis menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (3,82>1,99), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi kesimpulannya terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara metode belajar aktif tipe group-to-group exchange dan metode ceramah pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Kelas X TKK SMK Negeri 2 Trenggalek.


Kata Kunci: Metode Belajar Aktif, Group-to-Group Exchange, Metode Ceramah, Hasil belajar


Vocational High School (SMK) is one institution that is responsible for creating human resources who have the ability, skill, and expertise so that graduates can develop the ability if work directly in the world of work. The average result study of class X TKK on the subjects of Building Science in the academic year 2013/2014 is still under KKM. There are approximately 55% of students who have not reach KKM.


This type of research used is research experiments and the design of more specific forms is used in this study are Posttest-Only Control Design. This study aims to determine differences in student learning outcomes between active learning methods type of group-to-group exchange and lecture method on the subjects of Building Science Class X TKK SMK State 2 Trenggalek. The execution time of the first semester of the academic year 2015/2016 at SMK state 2 Trenggalek. The sample is used class X TKK A as experiment class with a number of 36 students and class X TKK B as control class with a number of 36 students. Research instruments is used include sheet validation of learning tools and learning outcomes test.


The result of study experiment class has mean value 75,69 and control class has mean value 65,56. The results of normality test experimental class, show that Xh2 = 10,36 < Xt2 = 11,070 and the control class show that Xh2 = 10,97 < Xt2 = 11,070. It means that data distribution of both class show as normal class. Homogeneity test results show the calculated F value is smaller than the value of F table (1,39 <1,76), so the data is shown homogeneous. Hypothesis testing showed tcount is greater than ttable (3,82> 1,99), so H0 is rejected and Ha is accepted. In conclusion, there is difference in student learning outcomes significantly between active learning methods type of group-to-group exchange and lecture method on the subjects of Building Science Class X TKK SMK State 2 Trenggalek.


Keywords: Active Learning Method, Group-to-Group Exchange, Lecture Method, Learning Outcomes.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.