PENERAPAN GROUP INVESTIGATION DENGAN MENGGUNAKAN LKS UNTUK MENINGKATKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 NGANJUK KELAS X PADA MATA PELAJARAN SURVEY PEMETAAN

USIAS SOLEMAN BAITANU

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas X jurusan teknik geomatika di SMK Negeri 1 Nganjuk dengan penerapan model pembelajaran tipe group investigation dengan menggunakan LKS.           


Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi terhadap aktivitas guru, lembar observasi terhadap aktivitas siswa, serta lembar pos test.  


Hasil penelitian menunjukan bahwa sebelum penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation data awal hasil belajar siswa sebesar 33,33% dan setelah menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation hasil belajar siswa meningkat, menjadi 52,78% pada siklus I dan 75,00% pada siklus II. Peningkatan didukung oleh meningkatnya kegiatan mengajar guru serta meningkatnya kegiatan belajar siswa dalam menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS). Kegiatan siswa yang dimaksud adalah siswa lebih aktif tanya jawab dalam presentase dan siswa membuat laporan dengan benar sesuai tujuan.


Kata Kunci : Group Investigation, Hasil Belajar, LKS.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.