PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TGB PADA MATERI MENGGAMBAR PELAT LANTAI (STUDI DI SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN)

Rudiansyah

Abstract


Penggunaan media merupakan salah satu untuk memperbaiki permasalahan ketika proses belajar mengajar. Proses belajar harus dioptimalkan supaya siswa bisa lebih memahami materi yang diajarkan oleh guru. Namun, di SMK Negeri 1 Bendo Magetan masih kurang maksimal dalam memberikan pemahaman terhadap siswa, terutama siswa jurusan Teknik Gambar Bangunan (TGB) dalam memberikan materi menggambar pelat lantai. Sejumlah siswa yang terdata di lembar absensi 28% siswa belum bisa dikatakan tuntas. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penggunaan media video tutorial dapat dijadikan dasar penelitian untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa kelas XI TGB pada materi menggambar pelat lantai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan media video tutorial dan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media video tutorial pada materi menggambar pelat lantai di SMKN 1 Bendo Magetan.


Desain penelitian yang digunakan adalah “Quasy Experiment Design” dengan kelas eksperimen dan kelas kontrol yang diberi perlakuan secara bergantian sebanyak 4 tatap muka. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui lembar pengamatan keterlaksanaan pembelajaran dan tes hasil belajar pada pertemuan ke I sampai dengan pertemuan ke IV kelas XI TGB 1 dan XI TGB 2 di SMKN 1 Bendo Magetan. Teknik analisis data untuk perangkat pembelajaran yang divalidasi, dianalisis secara deskriptif sedangkan analisis hasil belajar siswa dilakukan dengan uji normalitas dan uji-t nonparametrik dua pihak menggunakan program IBM SPSS Statistics 18. Perangkat pembelajaran yang meliputi silabus, RPP, Media dan soal yang telah divalidasi dinyatakan layak untuk digunakan.


Hasil belajar kelas XI TGB 1 pada pertemuan ke I yang bertindak sebagai kelas eksperimen lebih tinggi nilai hasil belajarnya sebesar 13,51%. Hasil belajar kelas XI TGB 2 pada pertemuan ke II yang bertindak sebagai kelas eksperimen lebih tinggi nilai hasil belajarnya sebesar 12,40%. Hasil belajar kelas XI TGB 1 pada pertemuan ke III yang bertindak sebagai kelas eksperimen lebih tinggi nilai hasil belajarnya sebesar 11,74%. Hasil belajar kelas XI TGB 2 pada pertemuan ke IV yang bertindak sebagai kelas eksperimen lebih tinggi nilai hasil belajarnya sebesar 12,16%. Hasil pengamatan keterlakasanaan pembelajaran menggunakan media video tutorial pada tahap I terlaksana baik dengan persentase 68,70% tahap II terlaksana baik dengan persentase 74,78% tahap III terlaksana baik dengan persentase 77,39% sedangkan tahap IV terlaksana sangat baik dengan persentase 81,74%.


Kata kunci: Media Pembelajaran Video Tutorial, Keterlaksanaan Pembelajaran, Hasil Belajar Siswa


Usage of media is one to fix problem in teaching learning process. The learning process should be optimized so that students be better to understand the matery being taught by teacher. However, SMKN 1 Bendo Magetan still less in providing students understanding, expecially in Architecture Engineering (TGB) on drawing floor plate. A number of students were recorded in 28% students attendance sheet can not be said to be complete. Based on this background, then the use of media video tutorial can be used as the basis of a study to determine the increase of student learning result in XI TGB  on drawing floor plate. The aim of this research is to knowing the result of students achievement in teaching learning by using video tutorial media n enhancement students teaching learning result by using video tutorial media on drawing floor plate in SMK 1 Bendo Magetan.


The research design is “Quasy Experiment Design” consist of experimental group and control group treated alternately as much as 4 meeting. Data collecting this study were obtained through observation sheet accomplished learning using video tutorial media and test results from first meeting up to IV meeting in class XI TGB 1 and XI TGB 2 in SMK 1 Bendo Magetan. Data analysis techniques for learning devices validated, analyzed descriptively while the analysis of student learning result conducted with normality test and t-test nonparametric two tailef using IBM SPSS Statistics 18 program. Learning device such us Silabus, RPP, media and quesioner wich is validated and worthly to used.


Learning result in class XI TGB 1 as experimental class at the first meeting was higher than the value of learning results by 13.51%. Learning result in class XI TGB 2 as experimental class at the II meeting is higher than value of learning result by 12.40%. Learning result in class XI TGB 1 as experimental class at the IIII meeting is higher than value of learning result by 11.74%. Learning result in class XI TGB 2 as experimental class at the IV meeting is higher than value of learning result by 12.16%. The result of observation learning accomplished using media video tutorial on phase I well with a percentage of 68.70% phase II well with a percentage of 74.78% phase III well with a percentage of 77.39% while phase IV performing very well with a percentage of 81.74%.


Keywords: Learning Media Video Tutorial, Learning outcomes, Student Results


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.