PENGEMBANGAN JOBSHEET BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT PADA KOMPETENSI KETERAMPILAN PENGUKURAN PENYIPAT DATAR MEMANJANG KELILING DI SMK NEGERI 1 NGANJUK

RACHMAT HIDAYAT

Abstract


Pengembangan Jobsheet berbasis Performance Assessment bertujuan sebagai sarana penyampaian materi praktik kepada siswa dan dapat membantu meningkatkan kompetensi keterampilan  praktik yang diinginkan. Jobsheet yang bersifat interaktif memiliki nilai lebih karena melibatkan siswa secara langsung dalam menggali informasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan Jobsheet, keterbacaan Jobsheet, dan hasil uji coba penggunaan Jobsheet berbasis Performance Assessment pada siswa kelas XI Geomatika  SMK Negeri 1 Nganjuk.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Nganjuk kelas XI Geomatika dengan jumlah 33 siswa pada semester gasal tahun ajaran 2015-2016. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik angket, teknik tes, dan teknik pengamatan. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis penilaian validator, analisis tes hasil uji coba siswa, analisis dan keterbacaan siswa terhadap media pembelajaran interaktif.


Hasil penelitian pengembangan Jobsheet berbasis Performance Assessment terdiri dari hasil uji coba: 1) kelayakan perangkat pembelajaran digunakan dalam proses belajar mengajar berupa silabus sebesar 83,6% dan RPP sebesar 81% dinyatakan sangat baik dan layak, 2) Kelayakan Jobsheet berbasis Performance Assessment dengan presentase 87,3% dapat dikategorikan sangat baik dan layak untuk digunakan, 3) Hasil uji coba keterbacaan  Jobsheet berbasis Performance Assessment ini dinyatakan sangat setuju untuk digunakan sebagai bahan ajar interaktif  dengan hasil rating 84 %, 4) Hasil uji coba prestasi hasil belajar terhadap penggunaan Jobsheet berbasis Performance Assessment diperoleh nilai rerata sebesar 81,12 untuk uji pengetahuan dan  89,57 untuk uji keterampilan, nilai tersebut telah melebihi standar ketuntasan minimum yaitu 75.


Kata Kunci : Pengembangan Jobsheet, Performance Assessment..


Performance-based Job Development Performance Assessment is intended as a means to deliver the material to the students practice and can help improve the competency skills are desirable practices. Interactive teaching materials have more value because they involve students directly in the vetting of Jobsheet developed. The purpose of this study was to determine the feasibility of the study, the feasibility Jobsheet, legibility Jobsheet, the test results using Performance-based.


This research is the development or Research and Development (R & D). The research was conducted at vocational school state 1 Nganjuk class XI Geomatics with 33 students in the odd semester of academic year 2015 to 2016. File collection techniques in this study was done by using a questionnaire, test engineering, and observation techniques. File were analyzed using analysis techniques validator assessment, analysis of test results of student testing, and legibility to interactive learning.


Job development of research results based Performance Assessment Sheet consists of the test results: 1) feasibility study device used in teaching and learning in the form of a syllabus 83.6% and 81% RPP otherwise excellent and worth, 2) Feasibility Assessment to Performance-based Jobsheet percentage of 87.3% can be categorized as very good and deserves to be used, 3) Experimental results based Performance Assessment Jobsheet legibility is stated very amenable for use as an interactive teaching materials with the results of rating 84%, 4) the results of trials on the use of achievement of learning outcomes Performance-based Assessment Jobsheet obtained a mean value of 81.12 to 89.57 to test the knowledge and skills testing, that value has exceeded the minimum of 75 standard completeness.


Keywords: Development of Jobsheet, Performance Assessment.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.