PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MENGGUNAKAN MODUL PADA PELAJARAN MENGGAMBAR DENGAN SOFTWARE  KELAS XI GB DI SMK NEGERI 1 BENDO MAGETAN

NANANG ADI APRIYANTO

Abstract


Dari Hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan di kelas XI GB 1 SMKN 1 Bendo Magetan yang terdiri dari 33 siswa terdapat banyak siswa yang hasil belajarnya masih rendah. Melalui pembelajaran berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) menggunakan modul pada pelajaran menggambar dengan software diharapkan mampu mengatasi permasalahan tersebut.


Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Dari siklus ke siklus menggunakan model pembelajaran berbasis Contextual Teaching Learning (CTL) dengan senantiasa meningkatkan kualitas pelaksanaan belajar kelompok dengan menggunakan modul.


Setelah penelitian berlangsung selama dua siklus dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas XI GB 1 SMKN 1 Bendo Magetan melalui pembelajaran Contextual Teaching Learning menggunakan modul pada pelajaran menggambar dengan Software Autocad. Pada siklus I yang telah tuntas sebanyak 20 siswa (61%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 13 siswa (39%). Hasil belajar siswa XI GB 1 pada siklus II yang telah tuntas sebanyak 30 siswa (91%) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa (9%). 2) Terdapat peningkatan keterlaksanaan pembelajaran di kelas melalui pembelajaran Contextual Teaching Learning menggunakan modul pada materi pelajaran menggambar denah rumah sederhana. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran (kegiatan mengajar guru dan siswa) dengan kriteria kurang baik. Pada siklus II diperoleh nilai rata-rata keterlaksanaan pembelajaran (kegiatan mengajar guru dan siswa) dengan kriteria baik. Hal ini menunjukkan bahwa guru dapat melaksanakan kegiatan mengajar melalui pembelajaran berbasis CTL menggunakan modul pada pelajaran menggambar dengan Software Autocad pada mata pelajaran menggambar dengan perangkat lunak (Software).


Kata kunci: Hasil Belajar, Contextual Teaching Learning (CTL).


Results of Action Research (PTK) that done in class XI GB 1 SMKN Bendo Magetan consisting of 33 students. the result study still founding so many weakness . Based on contextual Teaching Learning (CTL), a module on drawing lessons by using software is expected to solve these problems.


This study was conducted in two cycles. They are using model-based Contextual Teaching Learning (CTL) to constantly improve the quality of implementation of the study in group using modules.


After the study lasted for two cycles can be concluded that: 1) There is an increase in student’s result study of class XI  GB 1 SMK 1 Bendo Magetan through  Contextual Teaching Learning to use the modules on the Software Autocad drawing lessons. On the first cycle that has been completed by 20 students (61%) and students who did not complete as many as 13 students (39%). The result study of students in class XI GB 1 on the second cycle that has been complete as many as 30 students (91%) and students who did not complete as many as 3 students (9%). 2) There is an increased adherence to learning in the classroom through Contextual Teaching Learning to use the module on material drawing lessons simple house plans. In the first cycle obtained average value (teaching activities of teachers and students) with unfavorable criterion. In the second cycle the average values ​​obtained learning (teaching activities of teachers and students) with both criteria. This matter show that teachers can carry out teaching activities through CTL-based learning using a module on drawing lessons with Autocad software on subjects drawing tools.


Keywords: Results Learning, Contextual Teaching Learning (CTL).


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.