PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA KONSTUKSI BANGUNAN RUMAH SEDERHANA BAGI SISWA TEKNIK BANGUNAN DI SMKN 1 SAMPANG

HADI PRASETIYO

Abstract


Permasalahan yang ada di SMKN 1 Sampang terutama tentang kompetensi dasar menganalisis jenis dan fungsi struktur bangunan rumah sederhana adalah belum adanya kompetensi dasar ini pada tahun ajaran sebelumnya. Artinya, kompetensi dasar tersebut baru digunakan pada kurikulum tahun ajaran baru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar dari penerapan media interaktif serta mengetahui respon siswa terhadap media tersebut.


Jenis penelitian yang digunakan adalah experiment design dengan rancangan Pretest-Postest Control Group Design. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan media interaktif, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan, dimana pertemuan 1-3 diberikan materi dan diakhir materi dilaksanakan kuis guna mengetahui evaluasi. Sedangkan pertemuan ke-4  merupakan posttest. Kelas eksperimen diberikan angket guna mengetahui respon siswa terhadap media. Hasil validasi menggunakan media dengan kriteria kelayakan 90,38% diperoleh dari rekapitulasi pengisian kuesioner oleh siswa dan hasil belajar pada akhir pelaksanaan pembelajaran. Rata-rata kuesioner angket respon siswa terhadap media interaktif adalah sebesar 87,03% yang artinya bahwa respon siswa sangat kuat terhadap penerapan media.


Sedangkan, hasil ketuntasan belajar siswa yang menggunakan media interaktif mencapai 96,67% dengan hasil pada kelas kontrol mencapai 65,63%. Hasil uji menggunakan statistik dasar guna mengetahui hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol setelah menggunakan media pembelajaran interaktif.


Kata Kunci: Media Interaktif, Macromedia Flash, Rumah Sederhana, Hasil Belajar.


The problems that exist in SMK 1 Sampang mainly on the basis of competence to analyze the type and function of a simple house building structures is the absence of the basic competences in the previous academic year, it means that new basic competencies used in the curriculum of the new academic year. This study was conducted to determine the learning results of the application of interactive media as well as knowing the students' responses to the media.


Type of research used is true experiment design with a design pretest-posttest control group design. Experimental class were treated by using interactive media, while grade control using conventional learning. The research was conducted as many as 4 meetings, where the meeting of 1-3 were given materials and the end of the matter carried out a quiz to determine evaluation. While the 4th meeting of the posttest. Experimental class was given a questionnaire to determine students' response to the media. The results using media with the eligibility criteria recapitulation 90.38% was obtained from the questionnaires by the students and the learning results at the end of the implementation of learning. The average student questionnaire responses to the questionnaires interactive media amounted to 87.03%, which means that students are very strong response to the application of media.


While, the results of the students' complete learn using interactive media reached 96.67%, with the yield on the control class reached 65.63%. The test results used to determine the basic statistics of student learning outcomes. Results of this study concluded that there was an average increase of student learning outcomes between the experimental class control class after using interactive learning media.


Keywords: Interactive Media, Macromedia Flash, Simple House, Learning Results.


Full Text: PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.